Profil dan Harta Kekayaan Arsul Sani, Hakim MK Berlatar Politik PPP

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Januari 2024, 11:24
MK
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani memberi keterangan pers saat diwawancara, Jakarta (29/5).
Button AI Summarize

Politikus Arsul Sani resmi diangkat menjadi hakim Mahkamah Konstitusi. Arsul akan menggantikan posisi Wahiduddin Adams yang memasuki masa pensiun sejak 17 Januari 2024. 

Pengesahaan dan pembacaan sumpah Arsul Sani menjadi hakim MK disaksikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (18/1). Keputusan pengangkatan Asrul Sani sebagai hakim MK ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 102P Tahun 2023 yang ditetapkan pada 24 Oktober 2023. 

Sebelum menjadi hakim MK, Arsul merupakan sosok politikus dari Partai Persatuan Pembangunan yang kerap bersuara lantang di Senayan. Ia mengkritis kebijakan soal pembentukan Undang-undang dan koordinasi antar lembaga. 

Bagaimana rekam jejak Arsul Sani sebelum menjabat hakim MK? 

Profil dan Harta Kekaayan Arsul Sani 

Penetapan Asrul Sani sebagai Hakim MK telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat dalam rapat paripurna DRP pada 3 Oktober 2023 lalu. Arsul Sani terpilih melalui musyawarah mufakat dengan suara penuh dari sembilan fraksi di DPR.  

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...