Kaesang Nilai Mahfud Bakal Jadi Lawan Berat Gibran di Debat Cawapres

Ira Guslina Sufa
21 Januari 2024, 14:04
Kaesang
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/Spt.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kiri) bersama Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Louisa (kanan) menjawab pertanyaan warga saat berkunjung di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (3/12/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep menilai Mahfud MD bakal menjadi lawan berat untuk Gibran Rakabuming Raka pada debat keempat Cawapres Pemilu 2024 yang berlangsung malam ini. Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo - Gibran itu mengatakan debat akan berlangsung menarik. 

"Cak Imin (Muhaimin) pasti menguasai, tetapi kan pandangan pribadi saya, Prof. Mahfud MD akan sangat menguasai materi, dan saya rasa beliau adalah lawan yang cukup berat pada debat kali ini," kata Kaesang di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (21/1). 

Menurut Kaesang, Mahfud mengetahui secara mendalam segala permasalahan mengenai tema debat keempat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu juga menilai Mahfud telah bekerja sangat baik sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan. 

"Beliau (Mahfud) bekerja sangat baik di menkopolhukam, jadi saya rasa beliau tahu permasalahan yang ada di Indonesia," kata Kaesang.

Saat menghadiri silaturahmi dengan G8C dan bertemu para pekerja migran, Kaesang juga menyebut Mahfud bakal menjadi pesaing hebat untuk kakaknya. Sementara itu, tentang Muhaimin Iskandar, Kaesang mengatakan tak tahu menahu. Meski begitu ia meyakini Gibran akan tampil dengan maksimal. 

“Mas Gibran harus selalu menghormati dan menghargai semua lawannya," kata Kaesang.

​​​​​​​Kaesang mengatakan Gibran sudah berada di Jakarta untuk bersiap-siap mengikuti debat di JCC Senayan, mulai pukul 19.00 WIB. Dia juga berharap kader dan relawan PSI, serta para PMI dapat turut menyaksikan debat keempat melalui siaran daring.

"Kami berharap semoga debat malam nanti lancar," ujar Kaesang.

​​​​​​​KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. KPU RI menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...