Komunitas Utan Kayu Desak Jokowi Mundur dari Percaturan Pemilu

Syahrizal Sidik
9 Februari 2024, 19:54
Komunitas Utan Kayu (KUK) menyerukan maklumat kepada Presiden Joko Widodo
Foto: Dokumentasi KUK
Komunitas Utan Kayu (KUK) menyerukan maklumat kepada Presiden Joko Widodo
Button AI Summarize

Komunitas Utan Kayu (KUK), menyampaikan maklumat kepada Presiden Joko Widodo agar mundur dari percaturan pemilu. Selain itu, KUK juga mengetuk kehormatan Jokowi bila ia ingin meninggalkan Istana secara terhormat.

Maklumat ini disampaikan empat hari jelang Pemilihan Umum 2024. Jokowi menjadi sasaran kritik karena memberikan dukungan kepada putra-putranya yang berkontes sebagai calon wakil presiden dan pemimpin partai peserta pemilu.

KUK turut sependapat guru-guru besar, pengajar filsafat, rohaniwan, dan lain-lain yang memaklumkan bahwa jujur dan adil adalah dasar etika politik. Jokowi, dalam hal ini, dinyatakan telah berbuat tidak jujur dan adil. Padahal, tanpa pemilu jurdil, legitimasi pemerintahan yang terpilih tidak akan berhasil mendapatkan legitimasi politik rakyat.

KUK juga menyarankan agar masyarakat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024."Jika Prabowo menang maka kita akan punya pemerintahan yang tidak legitimate, karena proses pencalonannya sudah tidak legitimate," kata Goenawan Mohamad, jurnalis senior dan Pendiri Komunitas Utan Kayu ini, dalam keterangan pers, Jumat (9/2).

Berikut ini “Maklumat Kepada Jokowi Yth ...”:

Mendekati hari pemilihan umum, kami meminta Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo mampu memperlihatkan diri sebagai pemimpin yang jujur dan adil. Waktunya tidak banyak, Tuan Presiden. Kita hendak terus menjadi bagian dari warga dunia yang beradab dalam berpolitik dan berdemokrasi, atau terlempar menjadi bangsa yang membiarkan kesewenang-wenangan menang.

Kami sependapat dengan guru-guru besar, pengajar filsafat, rohaniwan, dan lain-lain yang memaklumkan bahwa jujur dan adil adalah dasar etika politik kita. Sejak Reformasi 1998, kita mendasarkan pemilihan umum pada dua nilai itu. Hanya bila pemilu kita jujur dan adil, kita bisa beroleh pemerintahan yang legitimate.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...