Jokowi Resmikan Makassar New Port, Terbesar Setelah Tanjung Priok

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Februari 2024, 11:33
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Warga memancing di seberang pelabuhan New Priok Container Terminal One (NPCT 1), Jakarta, Jumat (16/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek pelabuhan Makassar New Port, Sulawesi Selatan, pada Kamis (22/2). Jokowi mengatakan pelabuhan Makassar New Port merupakan fasilitas sandar kapal terbesar nomor dua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pengadaan Makassar New Port menelan biaya investasi senilai Rp 5,4 triliun itu diharapkan dapat menekan biaya logistik pengiriman jalur laut domestik. Jokowi juga mengatakan bahwa pelabuhan Makassar New Port merupakan pelabuhan terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Makassar New Port merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional. Pembangunan Makassar New Port dilakukan dalam tiga tahap dan akan berakhir pada tahun 2037. Proyek pembangunan ini dibiayai sepenuhnya oleh PT Pelindo.

Kapasitas Makassar New Port sudah ditingkatkan sebesar 150%, dari semula 1 juta TEUs menjadi 2,5 juta TEUs per tahun. Waktu sandar kapal di pelabuhan juga meningkat yakni maksimal 24 jam dari sebelumnya 48 jam.

Jokowi mengatakan ongkos logistik nasional saat ini berada di kisaran 14%, cenderung membaik dari kondisi 10 tahun lalu yang berada di 24%. Kendati demikian, capaian biaya logistik ini masih berada di bawah rata-rata negara lain di kisaran 9-12%.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...