PDIP Belum Tentukan Sikap Soal Hak Angket, Tunggu Hasil Tim Khusus

Ade Rosman
28 Februari 2024, 15:09
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1) soal hak angket
Katadata/Ade Rosman
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya hingga kini belum memutuskan sikap resmi terkait rencana pengguliran hak angket kecurangan pemilu di Dewan Perwakilan Rakyat. Hasto mengatakan partainya saat ini menunggu rekomendasi dari tim khusus di bawah naungan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. 

"Tim khusus ini langsung di bawah arahan dari para Ketua Umum partai dan juga direction dipimpin langsung pasangan calon yaitu Pak ganjar dan Prof Mahfud MD," kata Hasto kepada wartawan di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/2).

Hasto mengatakan, tim khusus tersebut tengah mengumpulkan fakta-fakta di dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Salah satu temuannya yakni perihal ketidakberesan dari Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) milik KPU.

"Di dalam tim khusus yang kemudian akan memberikan suatu rekomendasi terkait dengan strategi lengkap dengan time table-nya termasuk dengan kemungkinan-kemungkinan penggunaan hak angket," kata Hasto. 

Lebih jauh, Hasto mengatakan tim hukum dari TPN Ganjar-Mahfud pun telah melakukan berbagai komunikasi membahas temuan dugaan kecurangan Pemilu. Ia menyebut mendapat beragam informasi dan perkembangan pengumpulan fakta kecurangan pemilu dari tim khusus. 

“Salah satu leading sektor untuk tim khusus itu adalah tim hukum, Bapak Todung Mulya Lubis sudah melakukan pertemuan-pertemuan terkait dengan pengungkapan fakta-fakta dugaan kecurangan Pemilu dari hulu ke hilir," kata Hasto.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...