Efek Corona, Pekerja Sektor Pariwisata Jadi Prioritas Kartu Prakerja

Desy Setyowati
12 April 2020, 19:47
Efek pandemi Corona, Pekerja Sektor Pariwisata Jadi Prioritas Kartu Prakerja
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi, petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan The Nusa Dua yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Badung, Bali, Minggu (15/3/2020).

Pada awalnya, program kartu prakerja ditujukan untuk pencari kerja. Namun, pandemi corona berdampak terhadap banyak sektor sehingga terjadi pemotongan gaji hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Karena itu, program ini difokuskan bagi pekerja yang terdampak Covid-19.

Salah satunya yakni pekerja di sektor pariwisata. “Sektor pariwisata yang sudah terpukul sejak awal tahun ini. Jadi, memang ada pergeseran target kelompok, prioritasnya,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari kepada Katadata.co.id, pekan lalu (8/4).

Manajemen pelaksana program kartu prakerja memang diminta untuk memprioritaskan pekerja formal dan informal, juga pelaku usaha mikro dan kecil. “Yang pekerjaannya terdampak pandemi corona. Jadi mereka memang diprioritaskan,” ujar dia.

(Baca: Dapat Rp 600 Ribu/Bulan, Registrasi Kartu Prakerja Dibuka Setiap Pekan)

Kendati begitu, dia menegaskan bahwa program tersebut terbuka untuk semua orang. Persyaratannya hanya Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, sedang tidak sekolah atau kuliah. 

Untuk memastikan calon peserta sedang tidak sekolah ataupun kuliah, pemerintah akan mengecek lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peserta yang terpilih akan mendapat bantuan Rp 3,55 juta per orang. “Benefit ini tidak berulang. Artinya, orang yang sudah mengambil Kartu Prakerja sekarang, tahun depan dia tidak bisa mengambil atau mendaftar lagi,” ujar dia.

(Baca: Uang Insentif Kartu Prakerja Bisa untuk Belanja Sembako)

Halaman:
Reporter: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...