11 Aplikasi untuk Berbelanja Bahan Pokok Saat Pandemi Corona

Ada 11 platform seperti Gojek, Grab, Tokopedia hingga Bukalapak untuk berbelanja bahan pokok saat pandemi corona. Tawarkan diskon hingga gratis ongkir.
Image title
7 April 2020, 05:50
11 Aplikasi untuk Berbelanja Bahan Pokok Saat Pandemi Corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, pedagang menata sayuran yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial (social distancing) guna menekan penyebaran Covid-19. Setidaknya ada 11 platform baik aplikasi maupun situs web untuk berbelanja bahan pokok saat pandemi corona.

Pertama, TaniHub. Konsumen bisa membeli sayur, buah, beras, ikan hingga daging melalui aplikasi ini. VP of Corporate Services TaniHub Astri Purnamasari mencatat ada 52 ribu pengguna baru sejak Maret. Penjualan produk segar melonjak.

Begitu juga transaksi produk tanaman herbal meningkat sekitar 20%. “Sejauh ini, kami belum mengalami kendala pengantaran terkait pembatasan akses (akibat pandemi corona),” kata Astri kepada Katadata.co.id, Senin (6/4).

Kedua, HappyFresh yang juga mencatatkan peningkatan transaksi bahan pokok dan buah-buahan. “Kategori personal hygiene dan home care juga meningkat," ujar Managing Director HappyFresh Indonesia Filippo Candrini.

(Baca: TaniHub, Wahyoo dan Tukangsayur Dukung Penyaluran Bantuan Lewat Warung)

Ketiga, Tukangsayur.co yang mengalami lonjakan pengguna 10 kali lipat. Transaksi di aplikasi juga meningkat lima kali lipat sejak virus corona menyebar di Indonesia.

Keempat, Brambang.com yang menawarkan berbagai produk segar seperti sayur, buah, ayam, daging, dan lainnya bisa dipesan lewat aplikasi. Perusahaan juga menawarkan gratis ongkos kirim untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Kelima, Chilibeli yang memberdayakan agen seperti ibu rumah tangga dalam menawarkan produknya. Perusahaan yang berdiri pada Juli 2019 ini mencatatkan pertumbuhan bisnis rata-rata 150% setiap bulan.

Keenam, Sayurbox yang menjajakan bahan pokok seperti sayur dan buah. Platform ini mengusung jargon produk tanpa pestisida dari petani lokal.

(Baca: Startup Lokal Chilibeli Dapat Pendanaan Rp 157 Miliar dari Investor AS)

Ketujuh, GoMart di aplikasi Gojek. Melalui fitur ini, pengguna bisa membeli makanan dan minuman, produk kecantikan, Kesehatan dan perawatan diri, kebutuhan ibu dan anak, perlengkapan rumah hingga alat tulis.

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun GoPay. Saat ini, decacorn Tanah Air itu menawarkan diskon hingga 59% untuk produk tertentu.

Kedelapan, GrabMart di aplikasi Grab yang menawarkan opsi berbelanja berdasarkan rekomendasi, popularitas, rating, atau jarak toko. Selain itu, pembeli bisa mengecek produk apa yang sedang didiskon.

Pembayaran GrabMart dapat dilakukan secara tunai maupun OVO. Saat hendak memesan, platform akan memberi peringatan bahwa barang yang diantar diletakan di depan rumah guna menghindari kontak langsung.

(Baca: Beberapa E-Commerce Batasi Pembelian Sembako dan Alat Kesehatan)

Kesembilan, e-commerce seperti Lazada juga menyediakan bahan pokok lewat kategori 'Kebutuhan Rumah Tangga'. Begitu juga dengan Shopee lewat kategori 'Makanan dan Minuman' atai dari reseller resmi melalui Shopee Mal, Star Seller dan Shopee24.

E-commerce lain yang menyediakan layanan penjualan bahan pokok yakni Blibli lewat BlibliMart. Begitu juga Tokopedia melalui kategori 'Makanan dan Minuman'. Saat ini Tokopedia memberikan diskon hingga 70%, bebas biaya ongkos kirim, serta klaim uang Kembali (cashback) lewat pembayaran OVO.

Bukalapak juga menjual bahan pokok melalui kategori 'Food'. (Baca: E-commerce Antisipasi Distribusi Barang jika Akses Jabodetabek Ditutup)

Kesepuluh, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya melalui situs pasarjaya.co.id merilis program belanja online di 88 pasar tradisional. Barang-barang yang dibeli akan diantar oleh mitra pengemudi Gojek dan Grab. 

Layanan tersebut bisa diakses melalui situs web PD Pasar Jaya. Pada halaman utama, pilih 'Belanja Dari Rumah'. Pada artikel ini akan muncul informasi seputar alamat pasar, kontak atau nomor ponsel para pedagang pasar, dan bahan pokok apa saja yang dijual.

Pedagang dan penjual bisa melakukan proses tawar-menawar melalui telepon atau chat. Selanjutnya, fungsi pengantaran barang dilakukan lewat ojek online dan disampaikan ke pembeli.

Terakhir, harnic.id. Aplikasi online shopping mall yang menawarkan beragam jenis kategori produk untuk kebutuhan harian. Saat ini, mereka menawarkan promo mulai dari serba Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. 

(Baca: Gojek dan Grab Layani Belanja Online di 88 Pasar Saat Pandemi Corona)

Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait