Pisang Goreng hingga Mi Diminati di GoFood dan GrabFood Saat Pandemi

Meski permintaan layanan ojek online anjlok, GoFood dan GrabFood masih diminati. Setidaknya ada delapan menu yang banyak dibeli selama pandemi corona.
Cindy Mutia Annur
28 April 2020, 19:38
8 Menu yang Paling Diminati di GoFood dan GrabFood Saat Pandemi Corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pengemudi ojek online menunggu penumpang di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Pandemi corona memaksa banyak orang untuk berdiam diri di rumah. Padahal, biasanya masyarakat Indonesia berburu takjil saat ramadan. Setidaknya ada delapan menu yang sering dipesan konsumen di GoFood milik Gojek dan GrabFood kepunyaan Grab selama pandemi Covid-19.

Gojek menyebutkan dua makanan yang paling banyak dibeli yakni martabak piza. Sedangkan Grab mencatat ada enam menu yang diminati yakni ayam geprek, mi pedas, ikan sambal matah, es kopi susu, teh dengan boba (bubble tea), dan pisang goreng.

“Yang menarik, di masa #dirumahaja ini, pelanggan banyak memesan jajanan (snack). Yang paling sering dipesan yakni martabak dan piza,” kata Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo kepada Katadata.co.id, Selasa (28/4).

(Baca: Rilis Fitur Ramadan, Gojek dan Grab Berebut Pasar di Tengah Pandemi)

Advertisement

Saat ini, Gojek menggaet lebih dari 500 ribu mitra penjual (merchant) di Asia Tenggara. Sebanyak 96% di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM).

"Secara tren, kami juga melihat pelanggan cenderung memesan GoFood dalam jumlah besar atau paket grup atau keluarga," ujar dia. (Baca: 10 Tagar Viral di Instagram Saat Ramadan, Facebook: UMKM Bisa Promosi)

Catherine mengungkapkan, perusahaan berfokus pada tiga hal di tengah pandemi virus corona. Pertama, memprioritaskan kesehatan dan keamanan semua ekosistem termasuk karyawan, mitra pengemudi, merchant, dan pelanggan.

Kedua, berkolaborasi dengan pihak pemerintah dan otoritas kesehatan. Terakhir, menyesuaikan dan memperluas layanan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama pandemi.

(Baca: Efek Corona, Tren Belanja Produk di E-commerce Berubah saat Ramadan)

Karena itu, Gojek meluncurkan inisiatif eBadah atau ibadah elektronik pada pekan lalu (24/4). Program ini memuat lima layanan yakni eSedekah, eBukber, eRezeki, eNgabuburit, dan eParsel.

Sedangkan Head of Marketing GrabFood Hadi Surya mengatakan, penjualan enam menu yang disebutkan di atas melonjak saat pandemi corona. “Digandrungi pengguna,” kata dia, pekan lalu (23/4).

Saat ini, Grab telah menggaet 3 ribu mitra penjual di GrabFood. Dengan menu yang dijual lebih dari 300 ribu.

(Baca: Ramadan Diwarnai PSBB & Larangan Mudik, Grab Rilis 9 Fitur dan Layanan)

Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait