Pacu Ketahanan Pangan, Jokowi Resmikan Bendungan Kamijoro Yogyakarta

Dimas Jarot Bayu
31 Desember 2019, 15:29
Dorong Ketahanan Pangan, Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro Yogyakarta .
Kementerian PUPR
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Kamijoro, D.I Yogyakarta. Infrastruktur ini membendung aliran Sungai Progo yang membelah Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon Progo,Yogyakarta untuk mendukung pasokan air ke kawasan pertanian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (31/12). Menurut Jokowi, dengan selesainya bendungan yang sudah dibangun sejak 2016  ini, diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan.

Sebab, Bendung Kamijoro diperkirakan mampu menyediakan kebutuhan air irigasi bagi lahan pertanian di Kabupaten Bantul seluas 2.370 hektare. Bendungan ini juga akan meningkatkan intensitas tanam dari semula berkisar 205% menjadi 270%. 

“Bendungan Kamijoro memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat,” kata Jokowi.

Menurutnya, akan ada sebelas desa dari empat kecamatan yang akan memperoleh manfaat irigasi dari adanya bendungan tersebut. Bendung Kamijoro ini juga dapat bermanfaat untuk ketersediaan air baku, khususnya di Kabupaten Bantul.

(Baca: Dorong Ketahanan Pangan, Pemerintah Fokus Bangun Irigasi dan Bendungan)

Kepala Negara pun menilai lokasi Bendung Kamijoro dapat bertransformasi menjadi destinasi wisata. Sehingga, hal tersebut dapat memberikan dampak ekonomi baik masyarakat setempat maupun daerah.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...