Tumbuh 11%, Produksi Minyak Sawit Maret 2019 Capai 4,31 Juta Ton

Image title
Oleh Ekarina
16 Mei 2019, 19:22
Produksi Minyak Sawit, Rata-rata Harga Sawit
Agung Samosir | KATADATA
Crude Palm Oil. Produk crude palm oil yang berbahan dasar kelapa sawit dari kabupaten Landak di stand Provinsi Kalimantan Barat pada pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (15/5).

Produksi minyak sawit dalam negeri sepanjang Maret 2019 tumbuh 11% menjadi 4,31 juta ton dibanding  Februari yang tercatat sekitar 3,88 juta ton. Menurut asosiasi, naiknya produksi disebabkan oleh hari kerja yang lebih panjang jika dibanding bulan sebelumnya.

Dengan produksi yang relatif stabil, stok minyak sawit pada Maret ini masih terjaga di kisaran 2,43 juta ton. "Namun, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 2,50 juta ton, angka ini turun sekitar 3%," kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Mukti Sardjono di Jakarta, Kamis (16/5).

(Baca: Banyak Tantangan, Ekspor Minyak Sawit Kuartal I Justru Naik 16%)

Sementara itu, sepanjang Maret harga CPO global juga maish terpantau melemah di kisaran US$ 510 – US$ 550 per metrik ton dengan harga rata-rata US$ 528,4 per metrik ton. Harga tersebut turun 5% dibandingkan harga rata-rata Februari US$ 556,5 per metrik ton.

Selain fluktuasi harga, Mukti menyatakan industri kelapa sawit masih menghadapi tantangan. Pada awal tahun, industri sawit diadang diskriminasi sawit Uni Eropa melalui rencana penerapan Renewable Energy Directive II (RED II).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...