Cari Celah Efisiensi, Jokowi Minta Harga Avtur Dihitung Ulang

Michael Reily
14 Februari 2019, 09:26
Jokowi-JK
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat tentang evaluasi Tingkat Komponen Dalam Negeri di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/8).

Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran menterinya untuk segera menghitung ulang harga avtur yang dijual PT Pertamina (Persero). Langkah  tersebut bertujuan untuk mengetahui peluang efisiensi avtur,  sehingga harga jualnya dapat ditekan.  

Dalam rapat di Kantor Presiden, Jokowi meminta kalkulasi efisiensi harga avtur  dilakukan secepatnya. “Saya sudah perhintahkan untuk dihitung, mana yang belum efisien dan mana yang bisa efisiensi, nanti segera diputuskan,” kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (13/2).

Dia menjelaskan, para menteri harus membuat perhitungan dengan rinci, perihal apa saja yang bisa diefisiensikan agar harga avtur bisa ditekan. Sebab, harga avtur sangat mempengaruhi biaya operasional maskapai penerbangan sehingga berdampak langsung pada tiket pesawat.

Namun, dia tidak menyebutkan batas waktu penurunan harga avtur untuk biaya tiket pesawat. “Ada opsi-opsi seperti apa baru sampaikan kepada saya,” ujar Jokowi.

(Baca: Pemerintah Imbau Tarif Tiket Pesawat Turun Pekan Ini)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai maskapai penerbangan domestik bisa kembali menyesuaikan harga tiket pesawat jika harga avtur ditekan. Apalagi, komponen bahan bakar itu menyumbang porsi signifikan terhadap biaya operasional penerbangan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...