Terkendala Cuaca, Penyaluran Program B20 Januari Capai 89%

Michael Reily
7 Februari 2019, 20:36
Microsite Biodiesel
Arief Kamaludin | Katadata
Biodiesel murni dan campuran solar dengan kadar 10 dan 20 persen.

Pemerintah menyatakan penyaluran biodiesel 20% atau B20 pada Januari 2019 hanya sekitar 89%. Salah satu kendala yang menyebabkan realisasi pencapaian tak maksimal karena faktor cuaca sehingga ombak laut yang tinggi mengakibatkan pelayaran bermasalah.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan cuaca buruk juga sempat membuat Kementerian Perhubungan mengeluarkan larangan pelayaran. "Itu sedikit menghambat (pengiriman)," kata Rida di Jakarta, Kamis (7/2).

(Baca: Tak Dapat Izin, Rencana Penambahan Penampungan B20 di Tuban Batal)

Meski demikian, distribusi B20 mulai berjalan langsung melalui 29 titik penyaluran. Catatan Kementerian ESDM, keberhasilan penyaluran telah mencapai 92% hingga 7 Februari 2019.

Selain mengevaluasi pencapaian program B20, Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) yang digelar di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sore tadi juga membahas tentang gudang penyimpanan laut (floating storage) di Tuban, Jawa Timur.

Pembahasan tentang daerah Tuban cukup krusial karena masih ada kendala terkait ranjau laut. Padahal Tuban sebelumnya ditargetkan menjadi lokasi floating storage untuk mempersingkat titik pendistribusian dan pencampuran FAME.

Sehingga dengan adanya hambatan teknis tersebut, pemerintah berencana mengadakan survei ke sana. "Nanti kami akan survei beserta susunan waktunya. Sehingga jelas biayanya, waktunya, serta ukurannya," ujar Rida.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...