Rentan Mengerek Inflasi, Harga Beras Jadi Fokus Utama Jokowi

Image title
Oleh Ekarina
4 Januari 2019, 12:28
Persediaan Beras di Gudang Bulog
Antara Foto / Rony Muharrman
Seorang pekerja sedang memasukan beras di sebuah gudang Bulog di Pekan Baru, Riau.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus kepada harga kebutuhan pokok, khususnya beras dan mengupayakan harganya tetap stabil. Hal ini dilakukan karena kenaikan harga beras rentan mempengaruhi laju inflasi. 

"Harga beras sangat berpengaruh terhadap inflasi, sehingga beras yang terlebih dahulu yang saya lihat," kata Presiden Jokowi di Kampus STKIP PGRI Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (4/12).

Hal itu diungkapkan Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan mengenai hasil kunjungannya ke Pasar Ngemplak Tulungagung pada Jumat pagi.

(Baca: Target Serapan Beras Turun, Bulog Sebut Stok di Gudang Masih Cukup)

Jokowi mengatakan stabilisasi harga beras melalui operasi pasar Bulog mulai efektif menstabilkan harga beras. "Kita lihat biasanya setiap Desember dan Januari naiknya pasti tinggi. Tadi saya lihat stabil, beras medium juga tercukupi," katanya.

Ia menyebutkan harga beras medium rata-rata Rp8.500 per kilogram. "Memang di pasaran yang kurang itu beras medium. Tapi kalau melihat stoknya tadi Insya Allah tidak ada masalah untuk beras," katanya.

Selain beras, dia juga mengatakan telah mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok, baik yang mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauannya, komoditas yang mengalami kenaikan harga di pasar tersebut di antranya adalah daging ayam,  yang naik Rp1.000 menjadi Rp32.000 per kilogram dari sebelumnya Rp31.000

"Saya kira ini perlu perhatian. Meskipun naiknya Rp1.000 ini akan kita perhatikan," katanya.

Presiden juga menyebutkan  kenaikan harga itu disinyalir terjadi karena masalah kurangnya pasokan pakan ternak  yaitu jagung ke peternak, sehingga imemengaruhi harga daging ayam.

"Naik sekecil apapun harus diperhatikan karena kita ingin mengendalikan harga-harga dan menurunkan inflasi," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...