AS Tuding WHO Gagal Beri Informasi Terkait Pengendalian Pandemi Corona

Image title
Oleh Ekarina
19 Mei 2020, 08:04
AS Tuding WHO Gagal Beri Informasi Terkait Pengendalian Pandemi Corona.
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. AS gagal menemukan data dan informasi seputar wabah Covid-19 dan mengendalikan virus.

Pandemi corona terus meluas ke sejumlah negara dan menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Amerika Serikat (AS) lantas menuding Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gagal menemukan data dan informasi seputar wabah Covid-19 sehingga menjadikan virus lepas kendali dan menyebabkan banyak korban di seluruh dunia. 

"Ada kegagalan dari organisasi ini dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan dunia," kata sekretaris kesehatan AS Alex Azar, Senin (18/5) dikutip dari BBC.

Pernyataan itu dia sampaikan dalam pidatonya di Majelis Kesehatan Dunia PBB yang diikuti oleh 194 negara.

(Baca: Dibekukan Sejak Bulan Lalu, Trump Buka Opsi Cairkan Dana Untuk WHO)

Sementara dalam pernyataan lainnya seperti yang dilansir dari kantor berita Anadolu Agency, Azar mengatakan AS meluncurkan uji coba vaksin manusia pertama di dunia dan melaporkan hasil positif pertama dari uji klinis terapeutik.

"Keberhasilan ini dan cara transparan yang kami bagikan akan bermanfaat bagi seluruh dunia," katanya.

Oleh karena itu, dia menyebut operasi WHO harus transparan dan AS mendukung tinjauan independen dari atas respons badan ini terhadap pandemi.

Azar juga mengungkapkan, di tengah upaya menutupi wabah ini, ada satu negara anggota mempermainkan kewajiban transparansi mereka dengan dampak luar biasa bagi seluruh dunia.

"Kami melihat bahwa WHO gagal dalam misi intinya berbagi informasi dan transparansi ketika negara-negara anggota tidak memiliki itikad baik. Ini tidak akan pernah terjadi lagi," ujar kepala kesehatan AS ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...