Dukung Petani & UMKM, BPDPKS Akan Luncurkan Hand Sanitizer dari Sawit

Rizky Alika
8 Agustus 2020, 09:15
kelapa sawit, petani, umkm
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/NZ.
Ilustrasi, petani memetik tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Desa Pasi Kumbang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Kamis (11/6/2020). BPDPKS mengembangkan sabun dan hand sanitizer dari kelapa sawit.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tengah mengembangkan produk sabun dan hand sanitizer dari kelapa sawit. Hal itu untuk mendorong produktivitas petani dan penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Plt Direktur Kemitraan BPDPKS Muhammad Ferian mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pusat Penelitian Surfaktan dan Bionenergi (SBRC IPB University) dan UMKM binaan untuk mengembangkan sabun dan penyanitasi tangan dari sawit.

"Kami kerja sama dengan petani atau kelembagaannya untuk produksi produk-produk yang dibutuhkan selama pandemi," kata Muhammad dalam sebuah webinar, Jumat (7/8).

Menurutnya, produk sabun dan penyanitasi tangan tersebut akan diluncurkan pada bulan ini. Momennya bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan petani untuk mengembangkan produk pangan dan bahan bakar berbasis sawit. Harapannya, produk tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi petani.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...