Klaster Industri Sumbang 62% Kasus Positif Covid-19 di Bekasi

Image title
7 Oktober 2020, 14:24
covid-19, industri, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Ilustrasi, pegawai pabrik di Jawa Barat. Pemerintah Jawa Barat mencatat 62 persen kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi berasal dari klaster industri.

Pemerintah Kabupaten Bekasi mencatat 62 persen kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayahnya berasal dari klaster industri.  Hingga Rabu (7/10), akumulasi kasus infeksi virus corona mencapai 3.153 kasus dengan rata-rata penambahan sebanyak 95 kasus per hari.

Sebanyak 2.715 pasien atau 86 persen diantaranya dinyatakan sembuh, sedangkan 50 orang meninggal. Untuk 118 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit dan 270 orang isolasi mandiri.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menyebut kasus terkonfirmasi positif itu tersebar di puluhan perusahaan. Bahkan, pihaknya menemukan ada satu perusahaan yang angka kasusnya menembus ribuan orang.

"Di pabrik Epson Cikarang menembus angka ribuan, yakni 1.117 kasus aktif," kata Alamsyah dikutip dari Antara pada Rabu (7/10).

Pemerintah Kabupaten Bekasi pun tengah berupaya menambah fasilitas tempat tidur pasien Covid-19, baik untuk isolasi mandiri terpusat maupun ruang perawatan di rumah sakit dengan sarana Intensive Care Unit (ICU). Pasalnya, tingkat keterisian ruang perawatan telah mencapai 70 persen dari 265 tempat tidur yang disediakan di rumah sakit maupun ICU.

Sedangkan tempat isolasi mandiri terpusat, baik di Wisma Mahasiswa President University maupun Labkesda, dengan total 105 kamar tidur telah terisi penuh. "Kami sedang proses penyediaan hotel untuk menambah ruang isolasi baru," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui video conference meminta Pemkab Bekasi menekan angka penularan kasus Covid-19 terutama dari klaster industri. Caranya dengan memperketat pengawasan protokol kesehatan terhadap perusahaan agar tidak menambah klaster baru.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...