Pentingnya Nilai-Nilai Spiritualitas di Tengah Pandemi Corona

Image title
10 Desember 2020, 20:52
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/ Ardiansyah/foc.
Umat Katolik beribadah misa dengan tetap menggenakan masker di Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Bandar Lampung, Lampung, Minggu (5/7/2020). Umat lintas agama diajak untuk meneladani nilai-nilai keagaman di tengah pandemi.

Pandemi corona telah berlangsung selama 10 bulan. Masyarakat pun mulai jenuh hidup dalam pembatasan sosial. 

Dengan kondisi tersebut, pemuka agama mengajak masyarakat kembali mencari nilai-nilai spiritualitas. Hal itu bisa menciptakan ketenangan dalam diri yang akhirnya menimbulkan imun tubuh yang mampu menangkal infeksi Covid-19

Ketua Dewan Sangha Walubi Maha Bhiksu Dutavira Mahastavira mengatakan imun tubuh bisa ditingkatkan dengan menekuni kepercayaan masing-masing. Seperti ajaran Budha yang mendorong umat untuk memikirkan hal-hal yang bahagia dan menyenangkan. 

“Siapa bilang kondisi ini menyenangkan? Tentu tidak. Tapi, pikiran harus bisa menyenangkan hati kita. Kita yakin hari ini, esok, pasti lebih cemerlang,” kata Dutavira dalam acara "Agama dan Mitigasi Covid-19" secara virtual, Kamis (10/12).

Rohaniawan Katolik Fransiskus Xaverius Mudji Sutrisno mengatakan pikiran bahagia juga bisa ditanamkan dengan percaya bahwa kehidupan merupakan anugerah dari Tuhan. Dengan sikap tersebut, umat sekaligus diajak untuk saling peduli dan menjaga keselamatan sesama manusia.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...