Jadi Syarat Perjalanan, Seberapa Akurat Tes Antigen Deteksi Covid-19?

Image title
19 Desember 2020, 20:37
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, antigen, antibodi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Calon penumpang berada di area pemeriksaan dokumen syarat bepergian di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Sabtu (19/12/2020). Pemerintah pusat berencana mewajibkan tes antigen untuk pelaku perjalanan agar kasus Covid-19 tidak melonjak saat libur panjang akhir tahun.

Satgas Penanganan Covid-19 berencana menjadikan tes cepat antigen sebagai syarat perjalanan. Hal itu untuk menghindari penularan virus corona saat libur Natal dan Tahun Baru.

Namun, seberapa efektifkan tes tersebut dalam mendeteksi virus corona? Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan akurasi (sensitivity dan spesificity) Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen masih relatif lebih tinggi daripada RDT antibodi.

Meski demikian, klaim akurasi produsen perlu diuji oleh otoritas. Pasalnya, kualitas alat tes bisa saja menurun karena penanganan yang salah dari pabrik hingga saat digunakan. Terlebih lagi alat tersebut sensitif terhadap perbedaan suhu.

Di sisi lain, Wiku mengatakan RDT hanya cara untuk menyaring mereka yang kemungkinan tertular virus corona. Namun, tes tersebut bukan untuk menegakkan diagnosis.

"Bila reaktif, harus dilanjut dengan pemeriksaan Swab PCR yang fungsinya diagnostik sebagai Gold Standard," ujar Wiku kepada Katadata.co.id pada Sabtu (19/12).

Dengan begitu, kata dia, potensi false negative atau false positive dari RDT tetap ada. Potensi ketidakakuratan juga tidak bisa dihilangkan, meskipun bisa diperkecil.

Demikian pula dengan Swab PCR, lanjut Wiku, bisa saja hasilnya salah meskipun tes tersebut merupakan standar emas. Hal itu bisa terjadi jika pengambilan sample tidak sempurna.

"Mesin bisa dikontrol tapi hasil kerja manusia masih berpotensi error," kata dia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...