Jokowi Bakal Disuntik Vaksin Covid-19 Pekan Depan

Rizky Alika
5 Januari 2021, 14:58
jokowi, vaksin virus corona, Covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, sinovac
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat memimpin upacara pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Presiden secara resmi melantik Irjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius.

Pihak Istana menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal menerima suntikan perdana vaksin virus corona pada Rabu, 13 Januari 202o. Jokowi akan disuntik bersama perwakilan masyarakat.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jokowi akan menerima vaksin buatan perusahaan Tiongkok, Sinovac. Namun, Heru mengatakan bahwa pemerintah masih membahas tata cara vaksinasi tersebut.

Advertisement

"Iya (divaksin Rabu 13 Januari). Kami bahas (divaksin dengan) siapa saja dari perwakilan masyarakat, TNI, pada Jumat nanti," ujar Heru saat dihubungi wartawan, Selasa (5/1).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa acara vaksinasi tersebut bakal disiarkan secara langsung. Hal itu untuk memberikan motivasi agar masyarakat mau ikut serta dalam program vaksinasi Covid-19. 

Jokowi pun membenarkan bahwa program vaksinasi Covid-19 bakal dimulai pada pekan depan. Dia berharap vaksinasi tersebut dapat membantu mengendalikan pandemi di Tanah Air. 

Dia pun menargetkan vaksinasi Covid-19 bisa selesai kurang dari setahun. Meskipun Kementerian Kesehatan memperkirakan program tersebut bisa rampung dalam 15 bulan.

"Kita harus bekerja keras agar pandemi ini segera bisa kita atasi dan selesai, kita pulih, dan beraktivitas normal seperti biasanya. Saya kira itu harapan kita semua," ujar Jokowi dalam acara  Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Se-Indonesia di Istana Negara pada Selasa (5/1).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement