Kasus Baru Covid-19 Capai 10.029, Tingkat Positif Pecah Rekor 38,34%

Image title
16 Februari 2021, 17:58
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, protokol kesehatan, satgas covid-19
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Seorang wisatawan menjalani tes usap (swab test) di kompleks Tourist Information Center (TIC) Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jateng, Rabu (28/10/2020). Jumlah tes di Indonesia yang rendah sedangkan penambahan kasus baru Covid-19 cukup banyak menyebabkan tingkat positf nyaris 40%.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan penemuan kasus baru Covid-19 pada Selasa (16/2) mencapai 10.029 orang. Angka tersebut didapat dari 26.156 orang yang dites.

Dengan angka-angka tersebut, tingkat tes positif mencapai 38,34%. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi dari 36,18% pada 31 Januari 2021.

Tingginya tingkat positif menunjukkan laju penularan virus yang tidak terkendali. Pasalnya, masyarakat yang terdeteksi virus corona cukup banyak dalam satu hari pemeriksaan tes virus corona.

Untuk menurunkan tingkat positif, pemerintah dan masyarakat harus bersinergi menekan penularan virus corona. Masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Di sisi lain, pemerintah harus meningkatkan pelacakan dan tes agar orang yang terinfeksi virus corona segera terdeteksi. Dengan begitu, orang yang mengidap Covid-19 bisa dikarantina baik di fasilitas kesehatan maupun di tempat isolasi mandiri.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...