Pemerintah Dorong Pengembangan Mobil Listrik untuk Angkot

Happy Fajrian
30 Juli 2019, 10:40
Ilustrasi mobil listrik. Presiden Jokowi meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto dengan Mobil Listrik karya mahasiswa Institut 10 November. Saat ini pemerintah tengah mengembangkan mobil listrik untuk angkot dan mini bus.
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Ilustrasi mobil listrik. Presiden Jokowi meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto dengan Mobil Listrik karya mahasiswa Institut 10 November. Saat ini pemerintah tengah mengembangkan mobil listrik untuk angkot dan mini bus.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mendorong pengembangan mobil listrik untuk angkutan massal. Saat ini mobil listrik tengah dalam tahap pengembangan menggunakan platform angkutan kota dan minibus.

"Masih dalam tahap pengembangan di Jawa Barat, platformnya dengan angkot dan mini bus. Kita belum mengarah ke kendaraan personal, misalnya sedan," kata Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti, Jumain Appe di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (29/7).

Jumain mengatakan bahwa pemberlakuan peraturan pemerintah mengenai mobil listrik akan mendorong percepatan pengembangan kendaraan berbasis elektrik dan pembangunan ekosistem pendukungnya.

(Baca: Bos Softbank Berencana Investasi di Ekosistem Mobil Listrik Indonesia)

Mobil listrik saat ini dikembangkan menggunakan sekitar 40 persen komponen lokal. "Kita sudah melakukan kerja sama antara perguruan tinggi yang mengembangkan kemudian badan usaha, dan juga wilayah-wilayah yang nanti di mana kita kembangkan pabriknya," kata Jumain.

Dia juga menyebutkan adanya keinginan dari Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan mobil listrik secara bertahap.

"Bertahap supaya tidak langsung mematikan perusahaan kendaraan bermotor bensin ini, tapi akan ditransformasi dari bensin ke listrik secara pelan-pelan, supaya industri komponen dalam negeri itu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan industri komponen kendaraan listrik ini," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...