Hingga 17 Maret, 110 BUMN Buka 11 Ribu Lowongan Kerja

Setelah sebelumnya fokus pada pembangunan infrastruktur, tahun ini pemerintah meningkatkan daya saing melalui perekrutan SDM.
Michael Reily
10 Maret 2019, 20:03
Gedung BUMN
Katadata
Gedung Kementerian BUMN di Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka 11 ribu posisi lowongan kerja dalam 110 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk masyarakat umum. Program perekrutan bersama BUMN hanya terbuka sampai batas waktu 17 Maret 2019.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi Harman menyatakan perekrutan bertujuan untuk peningkatan produktivitas dan daya saing di pasar internasional. Apalagi pembangunan infrastruktur sudah terjadi selama masa pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Oleh karena itu, perekrutan menjadi salah satu upaya persaingan dengan negara lain. Tahun ini, pemerintah memang lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia. "Minat masyarakat terhadap Program Perekrutan Bersama BUMN cukup tinggi. Hingga saat ini, sudah ada 104.000 orang pelamar," kata Herdy dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (10/3).

Program Perekrutan Bersama BUMN terbuka bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur). Terdapat tiga jalur perekrutan, yaitu reguler, disabilitas, dan kawasan timur Indonesia.

(Baca: Pertumbuhan Laba Bersih BUMN Melambat)

Untuk rekrutmen reguler, peluang bagi masyarakat lulusan SLTA (SMA & SMK), diploma (D1 sampai D4), dan sarjana (S1 dan S2) supaya bisa berkarier di lingkungan keluarga besar BUMN. Rekrutmen disabilitas terbuka untuk pemenuhan kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1–D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Kemudian untuk rekruitmen Kawasan Timur Indonesia adalah pembukaan lowongan bagi penduduk asli atau keturunan dari Kawasan Timur Indonesia. Pelamar BUMN harus menjadi lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia.

Rekrutasi KTI yaitu daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur. Pekerja bakal mendapatkan lokasi pekerjaan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan.

Herdy menjelaskan perekrutan besar sebagai wujud pemerataan pembangunan yang berkeadilan. "Ada 4 tujuan dalam perekrutan ini yaitu BUMN Employer Branding, standardisasi, efisiensi, dan keberagaman," ujarnya.

(Baca: Dilepas Rini Soemarno, WIKA Kirim 311 Pekerja ke Luar Negeri)

Cara Mendaftar Pegawai BUMN

Pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN melalui http://rekrutbersama.fhcibumn.com. Pelamar harus mengisi alamat, identitas, serta kebutuhan lain yang tertera dalam laman resmi FHCI. Setelah pendaftaran, pelamar bakal mendapatkan email untuk pemberitahuan jadwal tes.

Herdy menambahkan, pendaftaran tak hanya dilakukan secara terpusat. Namun, FHCI juga menggelar seleksi bersama yang dilakukan serentak untuk pelamar yg mendaftar melalui sistem online. "Berbeda dengan Aparatur Sipil Negara yang tesnya datang ke satu lokasi, tes bisa dikerjakan di rumah masing-masing, lewat online test," katanya lagi.

(Baca: Setop Rekrut, Pemerintah Timbang Kenaikan Gaji Honorer)

Herdy membeberkan kisi-kisi soal pada seleksi awal tersebut yaitu seputar BUMN values meliputi integritas, profesionalisme, wawasan kebangsaan, inovasi hingga sinergi BUMN. Kemudian, ada juga tes kemampuan dasar sebagai psikotes bagi pelamar yang telah lulus tes soal BUMN. Setelah lulus dua tahap, setiap perusahaan BUMN bakal memberikan tes lebih terfokus kepada pelamar dan perusahaan yang dituju.

Video Pilihan

Artikel Terkait