PLN akan Fokus Pada Pembangkit EBT Setelah Proyek 35.000 MW Rampung

Image title
7 Mei 2021, 14:10
pln, 35.000 megawatt, pembangkit listrik, energi baru terbarukan
PLN
PLN akan fokus pada pembangkit listrik EBT setelah proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW) tuntas.

PLN menyatakan komitmennya terhadap pembangunan pembangkit listrik dari energi baru terbarukan (EBT). Namun dengan catatan mega proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW) selesai terlebih dahulu.

Pasalnya, hingga akhir 2019, mega proyek pembangkit listrik tersebut secara perencanaan dan kontrak telah mencapai 95%. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan dari program 35 ribu MW yang saat ini masih dalam proses pembangunan, setidaknya 2.000 MW berasal dari pembangkit EBT.

Sedangkan 3.000 MW dari proyek tersebut berasal dari pembangkit non EBT. Untuk itu, setelah program pembangunan mega proyek ini selesai, maka penambahan energi listrik oleh PLN yang akan datang hanya akan bertumpu pada pembangkit EBT.

"Jadi komitmen PLN adalah setelah 35 ribu MW selesai. Kami akan menambahkan sistem kelistrikan Indonesia hanya EBT," ujar Zulkifli dalam Media Briefing terkait Program Co-Firing dan Konversi EBT, Jumat (7/5).

Menurutnya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tarif listrik dari pembangkit EBT pun semakin murah. Tarif listrik pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), misalnya, sebelumnya di di atas US$ 10 sen per kWh saat ini telah turun menjadi US$ 5 sen per kWh.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...