EMP Temukan Potensi Cadangan Minyak 101,5 Juta Barel di Blok Bentu

Image title
3 Januari 2022, 19:58
cadangan minyak, blok bentu, blok migas
Katadata
Ilustrasi.

Anak usaha PT Energi Mega Persada, EMP Bentu Limited mengumumkan adanya temuan potensi cadangan minyak sebesar 101,5 juta barel pada struktur timah, Blok Bentu. Hal tersebut diketahui dari hasil survei seismic 3D seluas 551 kilometer persegi.

General Manager EMP Bentu Tri Firmanto mengatakan untuk membuktikan temuan tersebut, saat ini pihaknya tengah menyiapkan rencana lanjutan, salah satunya dengan pengeboran satu sumur eksplorasi pada tahun ini.

"Jadi dari hasil 3D itu kami baru mempersiapkan untuk pengeboran sumur eksplorasi yang diharapkan dalam waktu dekat untuk pembuktian. Jadi dari hasil survei 3d itu terlihat adanya potensi sekitar 100 juta barel minyak di wilayah WK Bentu," kata Tri saat ditemui di EMP Bentu Limited, Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Senin (3/1).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto berharap EMP Bentu dapat segera menindaklanjuti adanya temuan potensi minyak tersebut. Mengingat, kebutuhan minyak dalam beberapa tahun mendatang akan terus meningkat sekalipun di tengah tren transisi ke energi bersih.

Berdasarkan data BP cadangan minyak terbukti Indonesia menunjukkan tren penurunan dari tahun ke tahun. Pada 1980, cadangan minyak Indonesia mencapai 11,6 miliar barel namun pada 2017 tinggal 3,17 miliar barel. Angka tersebut di bawah Malaysia (3,6 miliar barel) maupun Vietnam (4,4 miliar barel). Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...