Puji Pemangkasan Produksi OPEC+, Rusia: AS Kacaukan Pasar Energi Dunia

Happy Fajrian
10 Oktober 2022, 12:34
minyak, harga minyak, rusia, opec,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Rig atau alat pengeboran minyak.

Pemerintah Rusia memuji keputusan OPEC dan para sekutunya, atau dikenal dengan OPEC+, yang menyetujui pemangkasan produksi minyak untuk bulan November. Menurut Kremlin, kebijakan tersebut akan membenahi kekacauan yang dibuat Amerika Serikat (AS) di pasar energi global.

Keputusan OPEC+ untuk memangkas produksi minyak meski ditentang keras oleh Amerika semakin mempertegang hubungan yang sudah meregang antara Presiden Amerika Joe Biden dan keluarga kerajaan Arab Saudi.

Gedung Putih berusaha keras untuk mencegah pengurangan produksi. Biden berharap untuk menjaga harga bahan bakar di Amerika agar tidak melonjak lagi menjelang pemilihan paruh waktu di mana partai Demokrat, yang mengusung Biden, tengah berjuang untuk mempertahankan kendalinya di kongres.

Juru bicara Kremlin Dmity Peskov mengatakan bahwa negara-negara OPEC telah mengambil posisi bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan yang seimbang, bijaksana, dan terencana, yang berkebalikan dengan tindakan Amerika.

“(Keputusan) ini setidaknya menyeimbangkan kekacauan yang disebabkan oleh Amerika,” kata Peskov, menurut kantor berita Rusia yang dikutip oleh Reuters, Senin (10/10).

Menteri keuangan AS Janet Yellen mengatakan keputusan OPEC+ untuk memangkas produksi minyak tidak membantu dan tidak bijaksana bagi ekonomi global. Keputusan ini terutama akan berdampak bagi pasar negara berkembang yang sudah berjuang dengan harga energi yang tinggi.

Pemerintahan Biden sangat kritis terhadap keputusan kartel minyak yang didukung oleh Arab Saudi dan Rusia ini. Pada pekan ini, mereka kemungkinan mengambil langkah yang bertentangan dengan tekanan AS untuk menjaga harga minyak global rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...