Beli BBM Bersubsidi Pakai MyPertamina Tak Bisa Pindah-pindah SPBU?

Happy Fajrian
9 Januari 2023, 16:12
bbm, bbm bersubsidi, pertalite, mypertamina, pertamina, spbu
ANTARA FOTO/Jojon/tom.
Petugas melayani pengisian BBM jenis Pertalite di SPBU 74.931.04 Tapak Kuda, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/4/2022).

Pemerintah masih berencana untuk membatasi pembelian BBM bersubsidi Pertalite dengan merevisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hingga kini belum diketahui skema pembatasan yang diatur dalam revisi tersebut. Namun salah satu cara pembatasan yang diusulkan pemerintah yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi MyPertamina.

Advertisement

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan bahwa saat ini Pertamina telah melakukan trial pilot project program Subsidi Tepat MyPertamina di 34 kabupaten/kota. Jika itu diimplementasikan, konsumen yang telah mengisi BBM sesuai kuota atau jatah hariannya tidak bisa pindah-pindah SPBU.

Adapun kuota harian yang diusulkan yaitu 60 liter untuk kendaraan pribadi, kendaraan penumpang atau barang 80 liter per hari, dan roda enam ke atas 200 liter per hari.

“Konsumen yang sudah isi 60 liter jatah hariannya itu di SPBU A tidak bisa isi di SPBU A lagi, SPBU B, SPBU C karena kuota sudah habis. Bila ini kita terapkan, subsidi akan lebih tepat sasaran,” kata Saleh dalam Energy Corner CNBC, Senin (9/1).

Oleh karena itu dia mengimbau agar masyarakat yang butuh subsidi BBM untuk segera mendaftar di program Subsidi Tepat MyPertamina.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement