Kebebasan Sipil di Indonesia Menurun pada Era Jokowi

Oleh Dwi Hadya Jayani, 22/10/2019, 08.30 WIB

Freedom House mencatat peringkat kebebasan Indonesia tercatat turun dari “bebas” selama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi "setengah bebas".

Unduh Infografik
Share

Kebebasan politik dan sipil di Indonesia dinilai mengalami penurunan selama era pemerintahan Joko Widodo. Dalam indeks kebebasan yang disusun Freedom House, lembaga nirlaba yang berbasis di Washington, peringkat Indonesia tercatat turun dari “bebas” selama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi “setengah bebas”.

Freedom House menyebutkan, kemunduran kebebasan Indonesia dikarenakan adanya multitafsir dari Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, penggunaan kewenangan secara politis untuk membubarkan organisasi masyarakat yang dianggap tidak sepaham dengan Pancasila, dan gugatan terhadap dua akademisi yang menjadi saksi ahli dalam kasus korupsi.

Selain itu kekerasan dan intimidasi terhadap sejumlah gerakan juga menjadi catatan kebebasan di Indonesia. Sebagai contoh adanya kekerasan oleh aparat di Papua dan Papua Barat, serta penangkapan terhadap sejumlah aktivis dan demonstran. Kebebasan pers pun juga terancam dengan adanya kekerasan dan intimidasi.