Mengenal Istilah FAQ, Fungsi dan Tips Membuatnya

Siti Nur Aeni
20 Juli 2022, 20:48
Ilustrasi membuat FAQ
pixabay.com
Ilustrasi membuat FAQ

Apakah Anda sering mendapatkan pertanyaan yang sama dari pelanggan? Jika iya, maka halaman FAQ bisa menjadi solusi efektif dan efisien untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Lantas, bagaimana tips membuat halaman FAQ yang benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu FAQ?

Frequently asked questions atau FAQ adalah kumpulan pertanyaan dan jawaban tentang sebuah topik. FAQ biasanya sering ditemukan dalam sebuah website.

Dalam bidang usaha, FAQ berguna untuk memberikan informasi kepada pelanggan. FAQ ini juga berguna menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan pelanggan.

Tak hanya itu, FAQ juga berguna untuk meningkatkan performa website. Dengan demikian, website bisnis lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Fungsi FAQ dalam Usaha

Halaman FAQ memiliki fungsi tersendiri dalam bidang usaha. Berikut penjelasan lebih lengkap seputar fungsi dari FAQ yang perlu diketahui.

1. Menghemat Waktu dalam Menjawab Pertanyaan

Fungsi utama FAQ yaitu menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sudah sering diutarakan banyak orang. Dengan adanya FAQ, maka Anda tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama dari beberapa orang secara satu per satu.

2. Meningkatkan Traffic Website

FAQ biasanya ada dalam website. Selain berfungsi untuk menjawab pertanyaan pelanggan, halaman FAQ ternyata bisa meningkatkan traffic website. Apabila Anda membuat teks dalam format tanya jawab dan jawaban yang ditampilkan bagus, maka kemungkinan website Anda tampil di mesin pencari semakin tinggi. Kondisi tersebut memberikan peluang website dikunjungi banyak orang. Dengan demikian, traffic website pun akan meningkat.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Halaman FAQ yang dibuat dengan baik bisa menampilkan citra yang baik dari perusahaan tersebut. FAQ ini juga menjadi salah satu bentuk profesionalisme Anda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan demikian, FAQ secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Tips Membuat FAQ yang Benar

Agar FAQ yang dibuat efektif, maka Anda harus membuat FAQ dengan benar. Berikut ini sejumlah tips membuat FAQ yang benar dan efektif.

1. Pastikan Halaman FAQ Terlihat

Agar FAQ efektif dan bisa dibaca oleh pengunjung web, alangkah baiknya Anda membuat halaman FAQ yang mudah ditemukan. Selain penempatan, Anda juga perlu memperhatikan judul dari FAQ. Tak perlu membuat penyebutan yang sulit, cukup gunakan kata “FAQ” karena umumnya orang-orang lebih familiar dengan istilah tersebut dibandingkan dengan penyebutan lain.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement