10 Buah untuk Ibu Hamil dan Kandungan Vitaminnya

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 18:23
10 Buah Untuk Ibu Hamil dan Kandungan Vitaminnya
freepik.com
Buah-buahan yang baik untuk ibu hamil

Ibu yang sedang mengandung bisa menjaga nutrsinya tetap terpenuhi melalui beragam makanan sehat untuk ibu hamil. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan mengandung nutrisi baik.

Terdapat banyak jenis buah-buahan yang mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi kapan saja. Meskipun memiliki nutrisi baik untuk menjaga kesehatan, konsumsi buah juga tetap ada batasnya. Keberagaman jenis makanan sehat lainnya juga tetap dibutuhkan agar kandungan gizi terpenuhi maksimal. Ada beberapa buah untuk ibu hamil yang bisa dengan mudah didapatkan. 

Buah untuk Ibu Hamil

1. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, asam folat, anti oksidan, serat, pektin, dan asam organik. Sifat antioksidan bisa menjaga daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

2. Alpukat

Alpukat mengandung banyak vitamin yang baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin K, lemak tak jenuh tunggal, vitamin B, serat, tembaga, dan kalium bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil.

Selain itu, Alpukat juga menjadi sumber energi serta mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf bayi. Manfaat alpukat lainnya yakni meningkatkan produksi sel pembentuk kulit dan otak pada bayi, serta menghindari kaki kram pada ibu hamil.

3. Apel

Apel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium yang dipercaya mampu meminimalisir bayi terkena asma dan alergi lain. Apel juga mudah dijumpai, sehingga Anda bisa mengonsumsi buah ini kapan saja.

4. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan air yang baik untuk menjaga kesehatan ibu saat sedang hamil. Buah ini juga mampu mencegah terjadinya kerusakan sel serta membantu tubuh menyerap zat besi lebih mudah dan cepat karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kandungan asam folat pada jeruk bisa mencegah cacat tabung saraf pada bayi.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...