10 Buah untuk Ibu Hamil dan Kandungan Vitaminnya

Ibu hamil bisa mengonsumsi buah-buahan untuk menjaga nutrisinya. Beberapa buah untuk ibu hamil berikut bisa menjadi pilihan dan mudah didapatkan.
Image title
16 Agustus 2021, 18:23
10 Buah Untuk Ibu Hamil dan Kandungan Vitaminnya
freepik.com
Buah-buahan yang baik untuk ibu hamil

Ibu yang sedang mengandung bisa menjaga nutrsinya tetap terpenuhi melalui beragam makanan sehat untuk ibu hamil. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan mengandung nutrisi baik.

Terdapat banyak jenis buah-buahan yang mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi kapan saja. Meskipun memiliki nutrisi baik untuk menjaga kesehatan, konsumsi buah juga tetap ada batasnya. Keberagaman jenis makanan sehat lainnya juga tetap dibutuhkan agar kandungan gizi terpenuhi maksimal. Ada beberapa buah untuk ibu hamil yang bisa dengan mudah didapatkan. 

Buah untuk Ibu Hamil

1. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, asam folat, anti oksidan, serat, pektin, dan asam organik. Sifat antioksidan bisa menjaga daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

2. Alpukat

Alpukat mengandung banyak vitamin yang baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin K, lemak tak jenuh tunggal, vitamin B, serat, tembaga, dan kalium bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil.

Selain itu, Alpukat juga menjadi sumber energi serta mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf bayi. Manfaat alpukat lainnya yakni meningkatkan produksi sel pembentuk kulit dan otak pada bayi, serta menghindari kaki kram pada ibu hamil.

3. Apel

Apel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium yang dipercaya mampu meminimalisir bayi terkena asma dan alergi lain. Apel juga mudah dijumpai, sehingga Anda bisa mengonsumsi buah ini kapan saja.

4. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan air yang baik untuk menjaga kesehatan ibu saat sedang hamil. Buah ini juga mampu mencegah terjadinya kerusakan sel serta membantu tubuh menyerap zat besi lebih mudah dan cepat karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kandungan asam folat pada jeruk bisa mencegah cacat tabung saraf pada bayi.  

5. Pisang

Buah untuk ibu hamil selanjutnya yaitu pisang. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, serat, dan kalium. Kandungan serat yang ada di dalamnya bisa mencegah sembelit, sedangkan vitamin B6 bisa mengatasi mual dan muntah pada awal masa kehamilan.

6. Jambu biji

Nutrisi dalam jambu biji diantaranya vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isflavonoid, dan asam folat. Buah ini diketahui bisa mengurangi sembelit dan akan menjadikan saluran pencernaan ibu hamil menjadi lebih lancar.

7. Semangka

Semangka bisa membantu memenuhi cairan pada ibu hamil. Cairan di dalam tubuh sangat diperlukan untuk menjaga pasokan air ketuban dan membantu dalam perkembangan bayi. Semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

8. Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mangga. Buah tropis ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Kedua vitamin tersebut sangat dibutuhkan bayi di dalam kandungan agar tumbuh dan berkembang baik.

9. Pir

Selain semangka, buah kaya cairan selainnya yang baik untuk ibu hamil adalah pir. Buah pir memiliki kandungan serat, asam folat, dan kalium untuk menjaga kesehatan tubuh. Kalium berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan merangsang regenerasi sel.

10. Kiwi

Buah lainnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu kiwi. Dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, fosfor, dan asam folat, Kiwi dapat membantu menjaga saluran pernapasan.

Itulah beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil beserta dengan kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Meskipun sehat, namun konsumsi buah-buahan tersebut tetap ada batasnya. Pastikan ibu hamil juga mengkonsumsi makanan bernutrisi lainnya agar kebutuhan gizi tercukupi, sehingga kesehatan ibu dan bayinya tetap terjaga.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait