Tiga Perusahaan Sekuritas Dikabarkan Jadi Penjamin Emisi IPO GoTo

IPO GoTo direncanakan akan berlangsung di Bursa Efek Indonesia (BEII) tahun ini. Aksi korporasi tersebut disebut-sebut bakal jadi IPO terbesar di kawasan Asia Tenggara.
Image title
25 Juni 2021, 11:30
ipo Goto, goto, penjamin emisi ipo goto, Gojek, Tokopedia, IPO unicorn
Tokopedia
Ikon aplikasi GoTo

Induk perusahaan teknologi gabungan Gojek Indonesia dan Tokopedia, GoTo terus bersiap untuk melantai di bursa saham. Kabar terbaru, perusahaan sudah menunjuk tiga penjamin emisi (underwriter) dalam membantu proses penawaran saham perdana atau Initial Public Offering atau IPO GoTo.

Berdasarkan sumber Katadata.co.id dari pelaku bisnis digital, ketiga underwriter tersebut adalah PT Mandiri Sekuritas, PT Indo Premier Securities, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Trimegah Sekuritas, salah satu yang disebut sebagai underwriter GoTo, merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Advance Wealth Finance Ltd, anak usaha Northstar Group. Selain itu, Trimegah Sekuritas dimiliki oleh PT Union Sampoerna. Baik Northstar dan Union Sampoerna merupakan perusahaan yang menjadi investor pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias GoTo.

Direktur Utama Trimegah Sekuritas Stephanus Turangan tidak menampik kebenaran dari kabar ditunjuknya Trimegah menjadi salah satu underwriter GoTo. Meski begitu, dia pun tidak membenarkan kabar tersebut.

Advertisement

"Maaf belum bisa komentar," kata Stephanus ketika Katadata.co.id melakukan konfirmasi terkait kabar tersebut pada Rabu (23/6).

Senada dengan Trimegah, Manajemen Mandiri Sekuritas juga tak membantah atau mengiyakan kabar terkait keterlibatan entitas usaha jasa keuangan milik negara itu dalam aksi korporasi unicorn teknologi nasional tersebut.

"Untuk pertanyaan-pertanyaan tentang IPO, mohon ditanya ke yang diinfokan akan IPO," ujar Sekretaris Perusahaan Mandiri Sekuritas Nadya Siregar kepada Katadata.co.id, Jumat (25/6)

Dihubungi secara terpisah, Direktur Utama Indo Premier Moleonoto menampik kabar perusahaanya menjadi salah satu underwriter GoTo. Ia menegaskan, informasi yang diterima Katadata.co.id merupakan kabar yang tidak tepat.

"Informasinya salah tuh. Sejak kapan ada cerita itu?" kata Moleonoto kepada Katadata.co.id, Rabu (23/6).

Katadata.co.id juga mencoba mengkonfirmasi kabar tersebut kepada pihak GoTo dengan menghubungi VP Corporate Communications Gojek Audrey Progastama Petriny. Namun, hingga berita ini ditulis, Audrey belum membalas pesan singkat yang dikirimkan Katadata ataupun mengangkat telepon.

GoTo memang menjadi salah satu perusahaan rintisan atau startup berstatus unicorn atau decacorn yang tertarik untuk melantai di Bursa. Selain GoTo, PT Bukalapak.com juga tertarik IPO, bahkan dikabarkan sudah menunjuk underwriter dan melakukan paparan di hadapan pihak Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal tersebut terungkap dalam materi mini expose yang diperoleh Katadata.co.id. Bukalapak disebut menggandeng Mandiri Sekuritas dan Buana Capital Sekuritas sebagai joint lead managing underwriters. Lalu untuk underwriters domestik, Bukalapak menggandeng UBS Sekuritas Indonesia.

Selain itu, UBS dan BofA Securities sebagai joint global coordinators. Sedangkan untuk proses joint bookrunners menggandeng UBS, BofA Securities, dan Mandiri Sekuritas.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait