Gejala Virus Omicron dan Perkembangan Kasusnya di Indonesia

Siti Nur Aeni
8 Februari 2022, 10:42
Gejala Virus Omicron dan Perkembangan Kasusnya di Indonesia
123rf.com/grispb
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Pandemi covid-19 nampaknya belum bisa sepenuhnya hilang. Pasalnya saat ini, varian virus ini sudah semakin berkembang. Omicron menjadi varian yang baru-baru ini muncul. Gejala virus omicron diketahui lebih cepat perkembangannya dibandingkan varian lain.

Bagaimana gejala dari virus ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Varian Baru Omicron?

Sebelum mengulas tentang gejala virus Omicron, tak ada salahnya jika kita terlebih dahulu mengenal varian baru corona ini. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, WHO mengumumkan varian ini pada 26 November 2021.

Organisasi kesehatan dunia ini menyatakan bahwa omicron mempunyai strain B.1.1.529 sebagai varian yang harus diwaspadai. Sebab varian ini memiliki karakter tersendiri yang berbahaya untuk tubuh.

Omicron diketahui mempunyai sekitar 30 kombinasi mutasi dari sejumlah variasi Covid-19 sebelumnya seperti C.12, Beta, dan Delta. Mutasi yang terletak di spike protein menyebabkan virus ini cepat menular dibandingkan Delta. Tak hanya itu, varian baru Omicron juga memungkinkan menyebabkan infeksi berulang.

Gejala Virus Omicron yang Umum Dirasakan

Gejala Omicron ternyata bisa dirasakan siapa saja mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Berikut ini penjelasan lengkap tentang ciri ciri Omicron yang biasanya muncul pada mereka yang telah terpapar.

Gejala Omicron pada Dewasa

Berdasarkan penjelasan dari hellosehat.com, jika dibandingkan dengan varian Delta, Omicron mempunyai kemampuan untuk berkembang biak hingga 70 kali lebih cepat pada jaringan yang melapisi saluran udara.

Meskipun demikian, pada jaringan paru-paru, varian baru ini bereplikasi 10 kali lebih lambat dibandingkan varian asli corona. Hal tersebut menandakan bahwa efek di paru-paru cukup ringan.

Walaupun relatif ringan, namun banyak pasien yang tetap merasakan gejala tertentu. Dari penjelasan di British Medical Journal, berikut ciri gejala virus Omicron.

  1. Pilek.
  2. Sakit kepala.
  3. Rasa lelah baik ringan atau parah.
  4. Bersin-bersin.
  5. Sakit tenggorokan.

Dr. John Vanchiere dari Center for Emerging Viral dalam hellosehat.com, juga menyatakan bahwa secara umum pasien yang terinfeksi varian ini akan mengalami hidung berair, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Tak hanya itu, ada juga pasien yang merasakan batuk yang ringan dengan demam yang relatif jarang.

Gejala yang dirasakan mungkin terasa ringan, namun kemunculan gejala ini relatif lebih cepat. Sebab varian baru Omicron ini memiliki masa inkubasi yang cepat yakni hanya sekitar tiga hari saja. Sebagian pasien juga memiliki gejala campuran dengan kemungkinan sembuh relatif lebih cepat dan tidak membutuhkan perawatan rumah sakit.  

Namun tidak menutup kemungkinan, jika seorang pasien merasakan gejala virus corona pada umumnya, seperti:

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...