KAI Bagikan 11.000 Voucher Tiket Kereta Gratis, Ini Syaratnya

Sebanyak 11 ribu voucher tiket kereta api jarak jauh dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 sampai dengan 30 November 2021.
Image title
5 November 2021, 15:22
kereta, Tiket kereta, kereta api
@KAI121/twitter
Kereta Api Indonesia

Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero membagikan voucher tiket KA Jarak Jauh gratis kepada tenaga kesehatan, guru, dan veteran.

KAI menyediakan 11 ribu voucher tiket KA Jarak Jauh yang dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 sampai dengan 30 November 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program ini merupakan bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat baik di masa pandemi maupun di masa kemerdekaan.

Program ini merupakan kelanjutan dari program serupa di tahun 2020, di mana KAI membagikan 10 ribu voucher tiket KA kepada guru dan tenaga kesehatan.

Advertisement

 Berkat antusiasme masyarakat yang tinggi, tahun ini KAI menambah jumlah voucher yang disediakan, serta menambah veteran sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucher tiket kereta.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Joni dalam siaran pers, Jumat (5/11).

 Adapun yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah:

1. Guru pendidikan formal untuk anak usia dini hingga tingkat menengah atas atau sederajat, baik negeri maupun swasta dengan status pegawai negeri sipil (PNS) maupun honorer.

2. Tenaga Kesehatan seperti, bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan supir ambulans, baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit kecuali Dokter.

3.  Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Joni menjelaskan, voucher dapat diambil mulai dari 7 hingga 29 November 2021 di Loket atau customer service pada 12 Stasiun.

Stasiun tersebut adalah Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang.

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher.

 "Misalnya, pengambilan voucher di Stasiun Gambir, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Gambir dan Pasar Senen," kata Joni.

KAI menyediakan total 11 ribu voucher untuk kereta kelas eksekutif dan ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 hingga 30 November mendatang, dengan menukarkan voucher tersebut.

Terdapat KA dari dan menuju Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Tanjungkarang, Kertapati, Medan, dan kota-kota lainnya.

Jumlah voucher yang disediakan di setiap KA per tanggal adalah terbatas. Tiket KA yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya.

Melalui program ini, KAI hanya menggratiskan tiketnya saja melalui voucher yang diberikan. Adapun, untuk biaya rapid test antigen sebesar Rp 45.000 jika dilakukan di stasiun, dan menjadi tanggung jawab pengguna voucher.

 Selain itu, Joni menegaskan, pelanggan KA Jarak jauh tetap harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

 

Berikut syarat dan ketentuan untuk mendapatkan voucher KA gratis bagi guru, tenaga kesehatan dan veteran:

1. Guru, tenaga kesehatan dan veteran datang ke loket atau customer service di stasiun daerah operasi (DAOP) atau divisi regional (DIVRE).

2. Menunjukkan bukti identitas asli dan menyerahkan fotocopy bukti identitas atau surat keterangan yang menyertakan profesi sebagai guru, tenaga kesehatan dan veteran.

3. Khusus anggota LVRI, pengambilan voucher dapat diwakilkan, dengan tetap menunjukkan identitas asli LVRI dan menyerahkan fotocopy LVRI yang masih berlaku.

 4. Pelayanan dibuka mulai tanggal 7 hingga 29 November 2021, pukul 08.00 - 16.00 selama persediaan voucher masih ada.

5. Petugas customer service dan atau unit angkutan penumpang daerah melakukan verifikasi ID. Bila sudah sesuai dan berhak mendapatkan promo, voucher segera diisi dengan data penumpang yang bersangkutann.

6. Voucher tidak dapat dipindahtangankan.

7. Voucher gratis kereta hanya dapat diambil dan langsung dicetak pada stasiun yang ditunjuk dan untuk tiket kereta api keberangkatan di DAOP atau DIVRE tersebut.

Lebih lanjut, tiket yang dicetak dengan voucher unregister tidak dapat dilakukan ubah jadwal, namun tetap dapat dibatalkan dan tidak berlaku pengembalian bea.

Kemudian, satu identitas hanya berhak untuk satu kali perjalanan.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait