Jokowi Akan Paksa Perusahaan Sawit dan Tambang Punya Persemaian Bibit

Rizky Alika
19 November 2021, 14:31
Jokowi, sawit, tambang, lingkungan
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden \@jokowi\ meninjau langsung Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat (19/11/2021).

Presiden Joko Widodo terus melakukan upaya perbaikan lingkungan dan menangani dampak perubahan iklim.  Sebagai bagian dari upaya tersebut, Jokowi pun akan mewajibkan perusahan kelapa sawit dan pertambangan untuk memiliki persemaian bibit (nursery).

"Saya akan memaksa mengharuskan semua perusahaan kelapa sawit, perusahaan pertambangan untuk juga menyiapkan nursery seperti ini," kata Jokowi di persemaian modern Rumpin, Bogor, Jumat (19/11).

Kewajiban tersebut diharapkan bisa memperbaiki lingkungan di wilayah pertambangan hingga kebun sawit, seperti mencegah banjir.

Sementara itu, pemerintah berencana membangun 30 persemaian bibit modern seperti di Rumpin. Pusat persemaian tersebut diharapkan bisa mengurangi bencana banjir dan memperbaiki lingkungan.

 Adapun, pusat persemaian Rumpin bisa memproduksi 12 juta bibit pohon dalam setahun.

Bibit pohon itu meliputi akasia, sengon, eucaliptus, jati, hingga mahoni. Jokowi berharap, bibit tersebut akan siap ditanam di lokasi yang rawan banjir dan longsor.

"Kita harapkan nanti di Januari bibit-bibit ini sudah mulai keluar untuk ditanam," ujar dia.

Pada kesempatan persemaian modern Rumpin,  Jokowi mengunjungi pusat persemaian bersama Duta Besar dari Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, Inggris. Kemudian, ia turut didampingi oleh Country Director Bank Dunia.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan pemerintah telah menyiapkan enam lokasi pusat persemaian sejak 2020.

Kemudian, pemerintah juga akan membangun sejumlah pusat persemaian.

Nursery Centre Rumpin merupakan model pekerjaan public-private partnership antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL).

 Menurut Situ Nurbaya, Nursery Centre Rumpin akan menjadi contoh untuk penyelesaian kelima nursery lainnya.

"Pekerjaan utama persemaian telah selesai konstruksi. Produksi bibit 1 juta sebulan atau 12 juta setahun,” kata Siti dalam keterangan pers.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...