Erick Thohir: Negara Terus Bekerja Keras Kurangi Beban Rakyat

Image title
Oleh Yanuar
22 Mei 2022, 16:12
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Pertamina dan PLN akan menjaga ketersediaan BBM dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Menkominfo Johnny G Plate (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri rapat kabinet terbatas belum lama ini.

Perang di Ukraina menyebabkan harga minyak dan gas dunia naik. Sebelum serangan dilakukan Rusia pada 24 Februari 2022, harga minyak sekitar US$ 90, saat ini sudah mencapai US$ 112. 

Akibatnya, subsidi yang harus ditanggung pemerintah untuk BBM, gas dan juga listrik, ikut terkerek naik.

Advertisement

Pada kuartal pertama 2022, belanja subsidi pemerintah sudah mencapai Rp38,51 triliun selama periode Januari-Maret 2022, naik dari Rp21,38 triliun pada periode sama tahun lalu.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani mengusulkan tambahan subsidi energi senilai Rp74,9 triliun untuk 2022 kepada DPR, dengan Rp71,8 triliun untuk subsidi BBM, sedangkan sisanya Rp3,1 triliun untuk subsidi listrik.

Usulan ini disetujui Badan Anggaran DPR pada 19 Mei 2022, sehingga pemerintah tidak perlu menaikkan harga BBM, gas dan listrik bersubsidi.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, tidak naiknya harga energi bersubsidi ini menunjukkan negara (pemerintah) terus hadir dan bekerja keras untuk meringankan beban yang dipikul rakyat di tengah melonjaknya harga pangan dan energi dunia.

Erick juga mengapresiasi DPR yang menyetujui usulan pemerintah untuk menambah anggaran subsidi ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement