Partai Ummat dinilai Tetap Sulit Garap Basis Pendukung PAN

Rezza Aji Pratama
7 September 2021, 09:02
partai ummat, PAN, pemilu 2024, Partai politik
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi memberikan keterangan kepada wartawan di Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (29/4/2021). Ridho Rahmadi menjadi Ketua Umum Partai Ummat pertama yang sebelumnya diumumkan dalam acara deklarasi Partai Ummat secara virtual.

Peluang Partai Ummat menembus kursi Senayan pada Pemilu 2024 dinilai masih kecil meskipun Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya berkoalisi dengan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Secara tradisional, basis pendukung PAN memang beririsan dengan Partai Ummat. Keputusan PAN untuk keluar dari barisan oposisi berpotensi meninggalkan ceruk pendukung yang bisa digarap oleh partai baru bikinan Amien Rais tersebut.

Kendati demikian, Pengamat Politik dari Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut peluang Partai Ummat menggaet pendukung PAN tetap sulit. Menurutnya, masuknya PAN dalam jajaran koalisi Jokowi tidak memiliki pengaruh apapun secara elektoral. Apalagi jika ditilik dari kacamata masyarakat, Adi menyebut hal ini sudah jadi perkara biasa.

"Masuk pasar politik makin menyempit. Sulit bagi partai baru lolos parlemen. Sekalipun kerja ekstra belum tentu lolos ke senayan karena partai lama masih sangat dominan," kata Adi kepada Katadata, Selasa (6/9).

Ia melanjutnya, publik melihat perpindahan PAN ini bukan dosa politik. Adi mencontohkan partai yang kadernya banyak tersandung kasus korupsi saja masih memiliki elektabilitas yang kuat.

Di sisi lain, mesin politik Partai Ummat juga terlihat loyo seiring dengan mundurnya Agung Mozin, salah satu pendiri sekaligus wakil ketua umum. Agung dinilai menjadi salah satu kader andalan partai tersebut untuk meraup suara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...