Demokrat Dukung Pemilu Dilakukan Februari 2024

Image title
24 November 2021, 19:32
Warga menunjukkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemilu (SIAPEM) pada layar ponsel di Kantor KPU Kota Serang, Banten, Rabu (7/4/2021). KPU setempat bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang meluncurkan aplikasi SIAPEM un
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Warga menunjukkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemilu (SIAPEM) pada layar ponsel di Kantor KPU Kota Serang, Banten, Rabu (7/4/2021).

Partai Demokrat mendukung usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) eksekutif pada 21 Februari 2024.

Sekretaris Jenderal Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan pihaknya siap mendukung KPU jika mereka sudah yakin dengan usulan mereka terkait tanggal pemilu. Menurut Teuku hadirnya KPU menegaskan bahwa penetapan tanggal pemilu agar independen dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan pihak manapun.

"KPU juga terus berkomuinikasi dengan DPR", ujar Teuku di Kantor DPP Demokrat pada Rabu (24/11).

Teuku juga mengatakan meski Demokrat menentang diadakannya Pilkada Serentak pada 2024, pihaknya tetap akan mengikuti perhitungan KPU. Teuku tidak akan memusingkan tanggal pemungutan suara Pilkada 2024 dengan catatan tetap dilakukan pada akhir tahun 2024.

"Saya rasa itu bisa dibicarakan (tanggal pilkada) tetapi selama memang pilkada itu tetap dilakukan akhir 2024," ujar Teuku.

Sebelumnya dalam rapat dengar pendapat antara KPU dan Komisi II DPR RI pada bulan September lalu, Ketua KPU Ilham Saputra mengusulkan hari pencoblosan pada 21 Februari 2024 untuk eksekutif dan legislatif serta tanggal 27 November 2024 untuk Pilkada. Namun, hingga saat ini pihak pemerintah, KPU dan DPR belum menyepakati tanggal resmi untuk tanggal pemilihan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...