10 Drama Korea Terbaik Tahun 2021 Beserta Sinopsisnya

Image title
28 Desember 2021, 09:52
Adegan dari drama Korea terbaik tahun 2021 berjudul Move to Heaven
hancinema.net
Adegan dari drama Korea terbaik tahun 2021 berjudul Move to Heaven

Di tahun 2021, Korea Selatan merilis berbagai drama dalam variasi genre yang luas. Industri drama Korea semakin dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan data Statista, sekitar 33% responden menyatakan bahwa drama Korea dikenal luas dan populer.

Kepopuleran drama Korea di tahun 2021 semakin melonjak karena serial Squid Game. Hanya dalam waktu empat minggu setelah rilis, drama Korea Squid Game menarik 142 juta penonton di seluruh dunia.

Drama Korea atau K-Drama umumnya dikenal karena memiliki nilai produksi yang tinggi, alur cerita yang intens, serta akting berkualitas yang membantu membangun hubungan emosional antara karakter dan penonton.

Selain Squid Game, masih banyak drama Korea tahun 2021 yang menarik untuk ditonton. Berikut daftar drama Korea terbaik tahun 2021 lengkap dengan sinopsis.

1. Move to Heaven

Drama Korea terbaik tahun 2021 versi Katadata.co.id adalah Move To Heaven. Drama ini terinspirasi dari sebuah esai berjudul “Things You Left Behind” karya Kim Sae-byeol. Dalam esainya, ia menceritakan berbagai pengalaman selama bekerja sebagai pembersih TKP (tempat kejadian perkara).

Move to Heaven menceritakan kisah Geu Roo, seorang pemuda autis yang bekerja sebagai pembersih TKP bersama ayahnya, Han Jeong-U. Bisnis mereka dinamakan Move To Heaven.

Suatu hari, ayah Geu Roo meninggal, menjadikan Geu Roo seorang yatim piatu karena ibunya juga telah lama meninggal. Berdasarkan wasiat ayahnya, hak asuh Geu Roo diserahkan kepada pamannya, Sang Koo.

Sang Koo adalah pria yang dingin dan mantan narapidana. Sebelum masuk penjara, dia adalah seorang seniman bela diri yang bertarung dalam pertandingan ilegal yang akhirnya membawa petaka dan berakhir dengan hukuman penjara.

Setelah bebas, pengacara yang mewakili Han Jeong-U memberi wasiat untuk Sang Koo agar menjadi wali Geu Roo. Mereka menjalankan Move To Heaven bersama-sama. Namun, masa lalu Sang Koo menempatkan mereka dalam bahaya.

Melalui drama Korea Move to Heaven, penonton menyaksikan kisah inspirasional dan menyentuh hati. Narasinya disajikan secara realistis dengan perpaduan adegan mengharukan serta humor.

2. Hospital Playlist 2

Hospital Playlist 2
Hospital Playlist 2 (hancinema.net)

Selanjutnya, di posisi kedua drama Korea terbaik adalah Hospital Playlist 2. Drama Korea ini mengikuti kisah lima dokter berusia 40-an yang telah berteman baik sejak mereka masuk sekolah kedokteran pada tahun 1999. Musim pertama rilis pada tahun 2020. Kini, dalam musim keduanya, kisah para tenaga medis yang bekerja di Pusat Medis Yulje berlanjut.

Bersama-sama, mereka melalui beragam kejadian sehari-hari sebagai dokter. Mereka mengalami kesulitan, cinta, kehilangan, dan patah hati, baik di rumah sakit maupun dalam kehidupan pribadi mereka.

Hospital Playlist 2 adalah drama Korea medis yang dibuat dengan baik, menggabungkan kombinasi romansa dan drama. Aspek skrip, perkembangan cerita, karakter, realisasi, dan semua elemen kehidupan realistis lainnya ditampilkan dengan sangat baik.

3. Happiness

Drama Korea 'Happiness'
Drama Korea 'Happiness' (hancinema.net)

Drama Korea terbaik selanjutnya adalah Happiness. Drama ini bercerita tentang sebuah virus baru yang mematikan dan menyebar ke seluruh kota di Korea Selatan. Sebagai upaya pencegahan penyebaran, sebuah gedung apartemen yang menjadi tempat karantina.

Semua penduduknya harus bertahan hidup di habitat baru mereka meski banyak potensi konflik antara kelompok sosial yang berbeda. Dalam drama Korea Happiness, tokoh Yoon Sae Bom memiliki karakter yang baik sehingga mudah mengambil keputusan dengan cepat.

Tetapi, dia merasa benar sendiri dan tidak bisa mentolerir ketidakadilan. Tidak dibesarkan di lingkungan yang sehat, dia bertekad untuk hidup nyaman di dunia yang rumit. Sementara itu, detektif Jung Yi Hyun turut berjuang untuk menjaga keamanan penghuni apartemen.

Han Tae Seok pernah menjadi agen informasi militer yang menjadi eksekutif perusahaan farmasi. Dia ditempatkan dengan baik untuk menangani penyakit menular.

4. Navillera

Drama Korea Navillera menceritakan seorang pria berusia 70 tahun dan seorang pria berusia 23 tahun saling mendukung untuk keluar dari kenyataan pahit dan bangkit menghadapi tantangan menjadi penari balet

Shim Deok Chool sudah lama bermimpi bisa menari balet. Dia berusia 70 tahun dan pensiun dari pekerjaannya sebagai pegawai kantor pos. Situasinya mengharukan ia untuk mengesampingkan mimpinya dan bekerja seperti biasa untuk menghidupi keluarganya.

Sekarang, Shim Deok Chool membuat keputusan untuk mengejar mimpinya lagi. Keluarganya tidak senang dengan keputusannya. Tetapi, ia tidak goyah. Dia bergabung dengan perusahaan balet dan bertemu Lee Chae Rok.

Lee Chae Rok adalah seorang pria berusia 23 tahun. Dia terbiasa berolahraga tetapi tidak berbakat dalam aktivitas itu. Dia kemudian menjadi tertarik pada balet. Ibunya adalah seorang penari balet, tetapi meninggal saat ia masih muda dan ayahnya bangkrut.

Lee Chae Rok mengetahui bahwa dia memiliki bakat balet. Tetapi, ia  mengalami kesulitan secara finansial. Melalui masa-masa sulit, keinginannya untuk menari balet memudar. Lalu semua berubah ketika ia bertemu Sim Deok Chool.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement