Rangkaian Pertama Gerbong MRT Mulai Tiba di Tanjung Priok

Totalnya pada fase I ini, MRT Jakarta menyiapkan 16 rangkaian kereta yang dibuat oleh perusahaan Jepang, yakni Nippon Sharyo.
Ameidyo Daud Nasution
4 April 2018, 17:35
MRT Jakarta
Twitter @MRTJakarta
12 gerbong MRT dari Jepang, mulai tiba di Jakarta

Dua rangkaian Mass Rapid Transit Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok hari ini. Rangkaian kereta tersebut terdiri dari 12 gerbong rencananya akan segera dikirim ke Depo Lebak Bulus menggunakan multi axle trailer

Pengiriman akan berlangsung bertahap hingga tanggal 8 April mendatang. Proses pengiriman akan dilakukan mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB untuk meminimalisir dampak terhadap lalu lintas.

"MRT Jakarta telah melakukan simulasi pengiriman sejak Februari 2018 lalu," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah dalam keterangan resmi MRT Jakarta, Rabu (4/4).

(Baca: Lelang MRT Fase II Agustus 2018, Sebagian Desain Berubah)

Totalnya pada fase I ini MRT Jakarta menyiapkan 16 rangkaian kereta yang dibuat oleh perusahaan Jepang, yakni Nippon Sharyo. Setelah dua rangkaian saat ini, 14 rangkaian kereta berikutnya akan mulai dikirim pada akhir Juni dan akan rampung seluruhnya akhir Oktober. Setelah semuanya gerbong tiba, MRT Jakarta akan langsung memulai uji jalan.

Pengiriman kereta ini sebelumnya sempat terkendala karena adanya badai di laut. Bahkan, kapal pengangkut MRT sempat bersandar di pelabuhan Shanghai untuk menghindari badai ini. Kapal tersebut telah berangkat dari pelabuhan Toyohashi sejak tanggal 3 Maret lalu.

Bulan lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat blusukan ke proyek ini. Dia mengajak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menemaninya. Ada pula Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

(Baca: Jokowi Ajak Anies dan Surya Paloh Blusukan ke Proyek MRT)

Jokowi mengungkapkan alasan dirinya mengajak Surya Paloh ke proyek MRT lantaran keduanya sulit mencari waktu lain. Oleh sebab itu dirinya langsung meminta Surya bertemu di proyek yang akan beroperasi tahun depan ini. "Pak Surya juga bilang bahwa ingin melihat seperti apa proyek MRT," ujarnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait