PLN Pastikan Listrik untuk Industri dan Tambang di Kalimantan Cukup

Image title
24 Juni 2021, 11:08
pln, listrik, kebutuhan listrik di kalimantan, kalimantan, listrik industri, pertambangan
ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Ilustrasi jaringan listrik PLN.

PT PLN menyatakan memiliki kecukupan dan ketersediaan daya listrik yang andal saat ini. Oleh karena itu, perusahaan setrum pelat merah ini siap mendukung pertumbuhan usaha pelaku bisnis, industri, dan investasi pertambangan di Kalimantan.

Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan, Muhammad Iqbal Nur mengatakan sistem kelistrikan di Kalimantan cukup andal. Cadangan listrik (reserve margin) yang dimiliki oleh PLN mampu mendorong pertumbuhan perekonomian masing-masing daerah.

Untuk sistem kelistrikan Khatulistiwa yang melayani Provinsi Kalimantan Barat, PLN memiliki daya mampu sekitar 634,2 MW hingga akhir Mei 2021. Sementara beban puncak konsumsi listrik tertinggi di wilayah tersebut hanya 412,8 MW.

Kemudian untuk sistem interkoneksi yang melayani Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah, memiliki daya mampu sebesar 1.578,3 MW. Dengan beban puncak tertinggi sebesar 1.265,497  MW. Adapun sistem interkoneksi ketiga provinsi tersebut memiliki cadangan daya sebesar 312,813 MW.

"Dengan reserve margin sebesar 221,4 MW, atau sekitar 35% dari daya mampu di sistem kelistrikan Khatulistiwa, PLN siap mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalbar selama permintaan tetap ada," kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Kamis (24/6).

Iqbal menyebut masih banyak potensi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat yang bisa didorong. Jika kondisi kelistrikan andal maka Kalimantan Barat dapat semakin meningkatkan perekonomian masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...