Kenali Efek Samping Moderna yang Sering Muncul Setelah Vaksinasi

Siti Nur Aeni
13 Januari 2022, 12:49
Kenali Efek Samping Moderna yang Sering Muncul Setelah Vaksinasi
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Moderna menjadi salah satu vaksin covid-19 yang digunakan di Indonesia. Penggunaan vaksin ini membuat banyak orang bertanya-tanya apa saja efek samping Moderna? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Vaksin Moderna

Vaksin Moderna adalah jenis vaksin mRNA (messenger RNA). Menurut penjelasan di alodokter.com, vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan. Vaksin ini diketahui menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem imun memproduksi spike protein yang merupakan bagian dari permukaan virus corona.

Spike protein ini akan membantu sistem imun menghasilkan antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari virus corona. Vaksin Moderna telah mendapatkan uji penggunaan darurat untuk mencegah covid-19 pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

Dari hasil uji klinis menunjukan bahwa nilai efikasi atau efek perlindungan terhadap virus corona mencapai 94.1%. Vaksin Moderna diketahui bisa diberikan kepada ibu hamil dan menyusui.

Pemberian Moderna untuk ibu hamil dilakukan saat usia kehamilan di atas 12 mingggu dan paling lambat saat usia kehamilan 33 minggu, dengan pengawasan dokter.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Menerima Vaksin Moderna?

Melansir dari alodokter.com, untuk menghindari efek Vaksin Moderna Anda perlu melakukan beberapa hal berikut sebelum menerima vaksin tersebut.

  1. Memberitahukan dokter tentang riwayat alergi yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa Vaksin Moderna tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki alergi terhadap kandungan vaksin ini.
  2. Vaksin Moderna diberikan kepada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang memiliki tubuh sehat.
  3. Vaksin Moderna tidak dianjurkan diberikan kepada orang yang sedang demam atau penderita covid-19.
  4. Beritahukan juga pada dokter, apabila Anda menderita sistem imun lemah atau sedang mengonsumsi obat imunosupresan.
  5. Memberitahukan pada dokter jika anda pernah atau sedang menderita kelainan darah, penyakit jantung, penyakit auto imun, diabetes, kanker, HIV/AIDS, penyakit pada paru-paru, gangguan ginjal, radang sendi, dan masalah pada saluran pencernaan.
  6. Beritahukan pada dokter apabila Anda sedang menjalani perawatan cuci darah atau baru jasa menjalani transplantasi organ.
  7. Beri tahu dokter, apabila Anda sudah menerima vaksin covid-19 lain.
  8. Mengatakan pada dokter, jenis obat-obatan yang sedang dikonsumsi termasuk suplemen dan produk herbal.
  9. Segera temui dokter apabila efek samping vaksin covid-19.
  10. Bagi ibu hamil dan menyusui, vaksinasi harus dibawah pengawasan dokter.

Efek Samping Vaksin Moderna

Sama halnya dengan jenis vaksin covid-19 lainnya, vaksinasi menggunakan Moderna juga bisa menimbulkan beberapa efek samping. Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, berikut beberapa efek samping Moderna.

  1. Rasa lelah
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri otot
  4. Nyeri pada sendi
  5. Nyeri, bengkak, atau kemerahan di sekitar bekas suntikan
  6. Menggigil
  7. Mual dan muntah
  8. Demam

Efek Vaksin Moderna yang Jarang Terjadi

Sementara itu, dalam laman sehatq.com, ada juga efek samping Moderna yang jarang terjadi namun berpotensi dialami penerima vaksin covid-19 ini. Efek samping yang dimaksud yaitu miokarditis dan perikarditis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...