9 Manfaat Buah Pir untuk Wajah dan Tubuh yang Sayang Dilewatkan

Terdapat beberapa manfaat buah pir untuk wajah dan tubuh yang sayang dilewatkan. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Image title
14 Januari 2022, 20:48
9 Manfaat Buah Pir untuk Wajah dan Tubuh yang Sayang Dilewatkan
pixabay.com
Gambar Buah Pir

Buah pir menjadi salah satu buah yang cukup populer dan banyak digemari. Buah dengan rasa manis dan segar ini ternyata memiliki banyak manfaat. Siapa sangka jika manfaat buah pir untuk wajah juga cukup beragam.

Kandungan nutrisi yang ada pir ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh namun juga berguna untuk memelihara kulit. Adapun kandungan buah pir menurut penjelasan di hellosehat.com, seperti berikut:

  1. Energi
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Karbohidrat
  5. Vitamin B1
  6. Vitamin B2
  7. Vitamin B3
  8. Asam pantotenat
  9. Piridoksin
  10. Asam folat
  11. Kalisum
  12. Zat besi
  13. Magnesium
  14. Kalium
  15. Natrium

Manfaat Buah Pir untuk Wajah

Dari kandungan nutrisi tersebut maka tak heran jika buah segar yang satu ini memiliki beragaman manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Menurut penjelasan di doktersehat.com, berikut manfaat buah pir untuk wajah.

1. Mengobati Jerawat dan Infeksi Kulit

Manfaat buah pir untuk wajah yang pertama yaitu membantu mengatasi jerawat dan berbagai infeksi kulit lainnya. Kandungan vitamin dan mineral di dalam pir, membuat buah ini bisa membantu mengatasi jerawat.

Advertisement

Tidak hanya itu, pir juga berguna untuk memperbaiki sistem imun yang membuat tubuh bisa menangkal bakteri atau kuman penyebab jerawat dan infeksi kulit.

2. Memberikan Efek Lembut dan Kenyal pada Kulit

Buah pir mengandung serat dan nutrisi yang mencegah terjadinya fluktuasi meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Kadar gula yang tiba-tiba meningkat bisa merusak kolagen. Senyawa tersebut merupakan protein yang berguna untuk membuat kulit halus, lembut, dan kenyal.

3. Menyeimbangkan pH Kulit

Manfaat buah pir untuk wajah lainnya yaitu untuk menyeimbangkan pH kulit. Anda bisa menggunakan buah pir untuk mengatasi kulit berminyak. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membuat pir menjadi masker dengan tambahan madu dan whipped cream.

Dengan cara tersebut, maka kulit akan lebih sehat. Sebab mineral yang ada akan membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH kulit.

Manfaat Buah Pir untuk Tubuh

Selain berperan untuk memelihara kulit, buah pir juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Menurut keterangan di alodokter.com, berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Buah pir diketahui bisa memelihara kesehatan saluran pencernaan terutama untuk melancarkan pencernaan. Sebab buah ini mengandung serat yang berguna untuk melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Ketika BAB lancar, maka usus menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah pir lainnya yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena buah ini mengandung vitamin C. Tak hanya itu, pir juga mengandung flavonoid, vitamin K, dan tembaga yang bermanfaat melawan peradangan. Dengan demikian tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah pir bisa dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Buah pir megandung serat dan air tinggi bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan menjadi berkurang.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa konsumsi buah pir dengan rutin bisa menurunkan lemak tubuh dan mengecilkan lingkar pinggang.

4. Memelihara Kesehatan Saraf

Pir mengandung tembaga yang bermanfaat untuk menjadi kesehatan sel saraf. Tembaga juga berguna untuk membentuk sel darah merah, kolagen, dan penyerapan zat besi dalam tubuh.

5. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan serat dalam buah pir bermanfaat untuk menunda penyerapan makanan, dengan demikian kadar gula darah bisa terkontrol. Kondisi tersebut bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, pir juga mengandung antosianian yang sifatnya antidiabetes dan antiinflamasi. Meskipun demikian, manfaat antosianin untuk mencegah diabetes pada manusia masih butuh penelitian lebih lanjut.

6. Mencegah Risiko Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa diet kaya buah-buahan bisa melindungi tubuh dari berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker kandung kemih. Tidak hanya itu, beberapa studi juga menyebutkan bahwa pir mengandung flavonoid yang berguna untuk menurunkan risiko kenaker. Misalnya kanker payudara dan ovarium.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait