9 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Siti Nur Aeni
4 April 2022, 10:10
9 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/pras.
Para imam masjid menyantap hidangan buka puasa dengan para jamaah di halaman Masjid Niujie, Beijing, China, Minggu (9/5/2021). Buka bersama sambil berdiri di halaman masjid tersebut sangat unik dan menjadi tradisi tersendiri bagi komunitas Muslim di Niujie.

Puasa ternyata memberikan banyak pengaruh terhadap kesehatan tubuh. Menurut penjelasan di National Institute of Health dari U.S. Department of Health and Human Service, menyebutkan bahwa manfaat puasa bisa meningkatkan kondisi kesehatan pada seseorang yang mengalami penyakit tertentu.

Penyakit tersebut antara lain diabetes, obesitas, penyakit jantung, gangguan saraf, hingga kanker. Berbagai manfaat yang didapatkan saat berpuasa, membuat banyak orang menjadikan puasa sebagai gaya hidup. Lantas, apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Mengutip dari hellosehat.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Telah banyak studi yang menyebutkan bahwa puasa merupakan salah satu cara aman untuk menurunkan berat badan. Puasa selama beberapa jam dalam sehari dapat membuat tubuh membakar sel lemak lebih efektif dibandingkan cara diet normal.

Ketika berpuasa, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi pengganti gula. Alasan inilah yang membuat banyak atlet menjadikan puasa sebagai salah satu cara menurunkan kadar lemak sebelum kompetisi.

2. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan lainnya yaitu bisa membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Saat berpuasa, tubuh akan mentoleransi gula dengan baik termasuk glukosa yang ada dalam karbohidrat.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, puasa bisa meningkatkan kemampuan insulin untuk mengirim perintah kepada sel tubuh agar menyerap glukosa dari darah. Dengan demikian, kadar gula darah tetap terjaga.

3. Meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh

Pencernaan yang tidak baik bisa mempengaruhi kemampuan metabolisme dalam membakar kalori dan lemak tubuh. Salah satu manfaat dari puasa yaitu membantu mengatur serta memperbaiki fungsi pencernaan.

Ketika kita berpuasa, maka sistem pencernaan akan istirahat karena tidak ada makanan yang masuk. Kondisi inilah yang membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik dalam membakar kalori.

4. Menjaga nafsu makan

Manfaat puasa lainnya yaitu membantu mengatur nafsu makan agar tetap normal. Hal ini sangat berguna untuk seseorang yang memiliki berat badan berlebih.

Seseorang yang mengalami obesitas biasanya tubuhnya sulit mengatur hormon pemicu lapar. Akibatnya, mereka cenderung akan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Namun dengan berpuasa, maka tubuh akan secara otomatis mengatur produksi hormon pemicu lapar dan hanya akan melepaskan hormon tersebut saat tubuh benar-benar lapar. Dengan demikian, konsumsi makanan menjadi lebih terjaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...