Hitung Cepat KedaiKOPI: PDIP Menang 15 Provinsi, Gerindra 5 Provinsi

Michael Reily
26 April 2019, 11:12
partai politik pemenang pemilu 2019, hasil hitung cepat, KPU, kedai kopi, pdip, gerindra, golkar, jokowi, prabowo
ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO
Ilustrasi partai politik peserta Pemilu 2019.

Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul di 15 provinsi versi hitung cepat. Pada hitung cepat KedaiKOPI untuk Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019, PDIP meraih kemenangan di lumbung suara seperti Jawa Tengah, Sumatera Utara, serta DKI Jakarta.

Selain itu, PDIP meraih keunggulan telak di Bali dengan capaian 51,09%. Untuk wilayah Banten, meski perolehan suara hanya sekitar 15,77%, PDIP berhasil meraih kemenangan. "PDIP kembali meraih suara terbanyak pada Pileg kali ini, disusul Golkar dan Gerindra," kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Jumat (26/4).

Dia mengungkapkan PDIP dibuntuti oleh Golkar dan Gerindra yang bisa meraup kemenangan masing-masing 5 provinsi, kemudian Nasdem yang unggul di 3 provinsi, serta PKB yang menguasai 2 provinsi. Sementara itu, Demokrat, PKS, PAN, dan Perindo berhasil mencapai raihan tertinggi masing-masing di 1 provinsi.

(Baca: DPR Kembali Diisi Partai Lama, Kinerjanya Diprediksi Tak Akan Membaik)

Gerindra melenggang di Jawa Barat yang memiliki pemilih terbanyak dengan capaian 17,56%. Selain itu, Partai bentukan Prabowo Subianto itu menjadi kampiun di Sumatera Barat (22,15%), Sumatera Selatan (13,45%), Nusa Tenggara Barat (15,08%), dan Sulawesi Tenggara (20,29%).

Hitung cepat KedaiKOPI juga menunjukkan Golkar mampu menjadi pilihan utama lima provinsi, yaitu Jambi, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, serta Papua Barat. Meski kelima provinsi bukan daerah yang jumlah pemilihnya besar, Golkar mampu meraih kemenangan di atas 20%.

Kunto mengungkapkan, koalisi partai poltik pengusung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih suara terbanyak dalam Pileg 2019 di 26 provinsi. Sementara itu, koalisi partai politik pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno hanya menang di 8 provinsi.

(Baca: Partai yang Gagal dan Berhasil Rebut Jatah Kursi di Senayan)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...