KemenPUPR Tata Agrowisata di Kaki Gunung Ijen, Bangun Rumah Adat Osing

Tia Dwitiani Komalasari
21 Mei 2022, 15:56
Kementerian PUPR (KemenPUPR) tata Agrowisata Tamansuruh di kawasan lereng kaki Gunung Ijen, tepatnya di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.
Humas Kementerian PUPR
Kementerian PUPR (KemenPUPR) tata Agrowisata Tamansuruh di kawasan lereng kaki Gunung Ijen, tepatnya di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tata Penataan Kawasan Agrowisata Tamansuruh yang berlokasi di lereng kaki Gunung Ijen, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Penataan itu untuk mendukung program pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Kawasan Agrowisata Tamansuruh merupakan perpaduan dari sektor pariwisata dan sektor pertanian dengan berbagai komoditas. Destinasi pariwisata itu memiliki luas 10,5 hektare.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu, baik dari segi penataan kawasan, jalan, penyediaan air, hingga perbaikan hunian penduduk. Untuk pariwisata, penataan yang harus dilakukan pertama kali adalah perbaikan infrastruktur.

“Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata Basuki melalui keterangan tertulis, Sabtu (21/5).

Penataan kawasan telah dilakukan sejak September 2021. Saat ini, progress fisiknya telah mencapai 70% dan ditargetkan rampung pada Agustus mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...