Tol Probolinggo Timur-Gending Rampung Maret 2023, Akses Menuju Bromo

Nadya Zahira
1 November 2022, 20:05
Sejumlah kendaraan roda empat yang didominasi pemudik melaju saat akan memasuki Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Sejumlah kendaraan roda empat yang didominasi pemudik melaju saat akan memasuki Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Jawa ruas Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A  yaitu Probolinggo Timur-Gending di Provinsi Jawa Timur. Ruas tol tersebut dan ditargetkan selesai Maret 2023.

Penyelesaian Tol Paspro Seksi 4A tersebut akan melengkapi Seksi 1 sampai 3 yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 silam. 

 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan,  jalan tol tersebut akan terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan. Dengan demikian, biaya logistik diharapkan berkurang dan bisa meningkatkan daya saing produk dalam negeri. 

  “Selain mendukung akses wisata, Tol Paspro juga akan memperlancar mobilisasi kegiatan bongkar muat logistik di Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo. Bahkan juga wilayah di sekitarnya seperti Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo Pasuruan, dan Malang, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, pada Selasa (1/11). 

Akses alternatif ke Bromo

 Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyampaikan, kehadiran Jalan Tol Paspro ini juga dapat mengurangi kepadatan di Jalan Nasional Pasuruan-Probolinggo sekitar 50% sampai 60%. 

 "Sehingga dapat menjadi akses alternatif jalur wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru,"ujar Danang dalam keterangan tertulis, pada Selasa (1/11).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...