Kecam Trump soal Yerusalem, Jokowi: Bisa Guncang Stabilitas Dunia

Miftah Ardhian
7 Desember 2017, 12:21
Jokowi G20
ANTARA FOTO/REUTERS/Ludovic Marin/Pool
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) disaksikan Presiden Perancis Emmanuel Macron (kiri) saat sesi foto bersama pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait dengan pengakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyatakan wilayah Yerusalem merupakan Ibu Kota dari Israel. Jokowi mengecam pernyataan tersebut karena Palestina masih mengklaim Yerusalem sebagai bagian dari negaranya yang menyebabkan konflik berkepanjangan di antara dua negara.

"Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak AS terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel," ujar Jokowi saat konferensi pers, di Istana Bogor, Kamis (7/12). Dirinya pun meminta pemerintah AS untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Terdapat beberapa alasan yang mendasari sikap Jokowi sebagai sikap resmi negara. Pertama, pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB, dengan AS merupakan anggota tetapnya. Kedua, pernyataan Trump ini dianggap bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia.

"Saya dan rakyat Indonesia, kita semuanya tetap konsisten untuk terus bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945," ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi, Trump dan Optimisme di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global)

Jokowi melanjutkan, dalam beberapa hari ini pemerintah telah berkomunikasi dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) agar lembaga tersebut segera mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini. Jokowi mengatakan, sidang tersebut rencananya akan diadakan pada 13 Desember 2017 ini di Istanbul, Turki yang akan dihadiri langsung olehnya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...