Usai Soroja, Tol Surabaya - Mojokerto Akan Diresmikan Jokowi Pekan Ini

Dengan beroperasinya tol ini, kota Surabaya dan Mojokerto menjadi tersambung dengan tol Trans Jawa sepanjang 36 kilometer.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
5 Desember 2017, 18:12
Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan jalan tol Surabaya - Mojokerto akan diresmikan pada akhir pekan ini. Dia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat meresmikan beroperasinya jalan tol  Surabaya dan Mojokerto sepanjang 15,5 kilometer.

Basuki mengatakan peresmian akan berbarengan dengan kunjungan Presiden pada Sabtu hingga Minggu (9-10 November) ke Gunung Kidul (Yogyakarta) hingga Wonogiri, Jawa Tengah. Dirinya berharap usai kunjungan maka Jokowi dapat menuju ruas tol tersebut.

"Mudah-mudahan bisa mampir ke situ," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (5/12). (Baca juga: Jelang Natal, Kemenhub Bakal Setop Pengerjaan Infrastruktur di Tol)

Ruas jalan tol yang akan diresmikan adalah Seksi IB, Seksi II, serta Seksi III dengan panjang 15,5 kilometer yang menghubungkan Krian dengan Sepanjang. Dengan beroperasinya tol ini, nantinya kota Surabaya dan  Mojokerto menjadi tersambung dengan tol Trans Jawa sepanjang 36 kilometer.

Basuki pernah mengatakan bahwa Jokowi akan meresmikan tol ini usai acara pernikahan putri Presiden. Namun ternyata yang lebih dulu diresmikan adalah tol Soreang Pasir Koja (Soroja). Dengan beroperasinya jalan tol Soroja maka perjalanan Soreang menuju Bandung yang saat ini 1,5 jam dapat dipersingkat menjadi hanya 12 menit. 

Awal bulan lalu, Jokowi juga telah meresmikan Tol Becakayu Seksi I B dan I C (Cipinang-Jakasampurna). Menurut Presiden, rampungnya proyek tersebut menjawab keraguan masyarakat bahwa Tol Becakayu akan selesai. "Tiga tahun lalu tidak ada yang percaya (selesai) kan," kata Jokowi saat itu.

Kementerian PUPR telah menargetkan 379,2 Km pembangunan jalan tol selesai hingga akhir 2017. Angka tersebut berarti jumlah jalan tol terbangun bisa menjadi 555,2 kilometer hingga tahun ini dari 176 kilometer tahun lalu.

(Baca: Jajal Tol Soroja, Jokowi Menumpang Bus Persib)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait