Jurus Gonta-ganti Aturan demi Meredam Harga Minyak Goreng

Andi M. Arief
17 Maret 2022, 18:26
minyak goreng, CPO
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Sejumlah warga mengantre saat membeli minyak goreng curah dalam program Distribusi Minyak Goreng HET di kawasan Pasar Senen Blok III, Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Lebih dari lima Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) diterbitkan untuk meredam gejolak kenaikan harga minyak goreng dalam waktu tiga bulan terakhir. Pemerintah berlomba mengikuti harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang terus meroket di pasar internasional.

Teranyar, pemerintah bakal menaikkan tarif ekspor minyak sawit mentah sebesar 80% dalam bentuk Dana Pungutan (DP) ekspor dan Bea Keluar (BK). Kenaikan tarif ekspor ini akan berbarengan dengan dihapuskannya tiga kebijakan terkait minyak goreng pada pekan ini.

Kebijakan yang akan dihapus yakni kewajiban pengusaha pasok CPO ke pasar domestik (domestic market obligation atau DMO), kewajiban harga domestik (DPO) dan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan.

Kebijakan ini diambil setelah terjadi kelangkaan minyak goreng atau migor baik kemasan dan curah di mana-mana. "Jadi, disparitas harga (domestik dan internasional) tidak terlalu tinggi dan barangnya ada (di pasar)," kata Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi di Pasar Senen, Kamis (17/3).

Subsidi Minyak Goreng Curah

Kenaikan tarif ekspor itu untuk menjaga pasokan CPO dalam negeri dan membiayai subsidi migor curah dengan Harga Eceran Tertinggi Rp 14 ribu per liter. Subsidi minyak goreng curah berasal dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Sumber dana BPDKS ini berasal dari tarif ekspor CPO.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menaikkan tarif ekspor dari US$ 375 per ton menjadi US$ 675 per ton atau naik 80%. Untuk menaikkan kemampuan BPDPKS, batas atas DP ekspor akan dinaikkan dari US$ 1.000 per ton menjadi US$ 1.500 per ton.

"Dengan begitu, BPDPKS akan mempunyai uang yang cukup untuk memastikan pemerintah hadir dengan (membuat harga migor curah) seharga Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kilogram," kata Lutfi.

Presiden Jokowi yang memutuskan untuk menerapkan skema mensubsidi minyak goreng curah dengan Harga Eceran Tertinggi (HET)  Rp 14 ribu per liter.  Kebijakan ini diputuskan dalam rapat terbatas pada Rabu (16/3), setelah rapat lintas kementerian tak berhasil menemukan kesepakatan. 

Adapun harga minyak goreng kemasan akan diserahkan pada mekanisme pasar. Artinya harga bergantung pada biaya produksi, harga CPO internasional dan faktor lain. Sehingga harga minyak goreng kemasan melonjak dari HET yang pernah ditetapkan pemerintah yakni Rp 14 ribu per liter.

Dicabutnya kebijakan HET minyak sawit kemasan memang membuat pasokan mulai mengalir. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, retail menjual harga minyak goreng kemasan Rp 20 ribu sampai Rp 25.500 per liter.

SOSIALISASI HARGA MINYAK GORENG KEMASAN
HARGA MINYAK GORENG KEMASAN (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.)

Kronologi Kebijakan Redam Harga Minyak Goreng

Berikut rangkaian kebijakan untuk menangani ketersediaan pasokan dan kestabilan harga, tapi tak kunjung berhasil:

1. Subsidi dan DMO CPO 20%

Pada 11 Januari 2022, Kementerian Perdagangan menerbitkan Permendag No. 1-2022 tentang perluasan jaringan minyak goreng dengan bantuan subsidi. Dana subsidi tersebut didapatkan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Namun demikian, aturan ini dinilai tidak efektif. Pasalnya, titik maksimum harga CPO pada aturan ini adalah Rp 14.600 per kilogram (kg) agar subsidi BPDPKS berjalan. Namun demikian, harga CPO per 12 Januari telah menembus level Rp 15.200 per kg.

Pemerintah menerbitkan Permendag 2-2022 tentang kewajiban pasar domestik (DMO) bagi eksportir CPO, refined belahed deodorized (RBD) Olein, dan minyak jelantah (UCO). Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga harga CPO di dalam negeri dengan meningkatkan pasokan di pasar domestik. Namun, harga minyak goreng tak kunjung turun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...