SBY Paparkan Tiga Masalah Utama Dunia dalam Pertemuan di Jerman

Ade Rosman
1 November 2022, 12:12
SBY, masalah dunia
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berjalan meninggalkan ruangan usai Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menyebutkan ada tiga masalah dunia yang menghadang secara bersamaan yang perlu mendapat perhatian bersama. Tiga masalah itu yakni perang berkepanjangan Rusia-Ukraina, ancaman resesi ekonomi global, serta perubahan iklim dan bencana alam yang menyertainya.

"Bagaimana kita menyelesaikan krisis multidimensi yang kompleks ini, yaitu elemen keamanan, ekonomi, kemanusiaan, lingkungan, dan politik yang saling terkait?" kata SBY dalam pertemuan para mantan kepala negara yang tergabung dalam Club de Madrid (CdM) di Berlin, dikutip dari siaran pers, Selasa (1/11).

SBY mendorong para pemimpin dunia menurunkan ego masing-masing dan bekerja sama untuk menghadapi masalah-masalah tersebut. "Suara kita mungkin tidak didengar oleh komunitas dunia. Tapi, saya percaya kita memiliki kewajiban moral untuk membagi pandangan kita. Kita tidak ingin disalahkan oleh sejarah karena kita tidak melakukan apa-apa," kata dia.

Selain itu, SBY juga menanyakan bagaimana bisa membangun ruang kerja sama antar bangsa jika ada di dalam dunia yang penuh persaingan serta ketidakpercayaan satu sama lain. "Karena tatanan dunia tampaknya memudar, bagaimana kita menyesuaikan tatanan dunia dengan realitas dan kebutuhan abad ke-21?"

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...