Menilik Kandungan Gizi Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Pepaya menjadi buah favorit Karena rasanya yang nickat dan manfaatnya yang baik untuk tubuh. Berkaitan dengan itu, berikut penjelasan tentang kandungan gizi pepaya selengkapnya.
Annisa Fianni Sisma
12 Januari 2023, 12:34
kandungan gizi pepaya
Pexels
Ilustrasi, buah pepaya.

Pepaya merupakan buah yang segar dan menyehatkan. Pepaya menjadi sajian favorit bagi beberapa orang karena kandungan gizi pepaya yang sangat banyak.

Pepaya menjadi buah yang sangat populer di Indonesia, dan hampir mudah ditemukan, serta sering dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia di seluruh daerah.

Buah pepaya memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, memulihkan kulit yang terkena sinar matahari, memelihara kesehatan rambut serta kuku, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berkaitan dengan beragam manfaat tersebut, tentu menarik membahas kandungan gizi pepaya lebih lanjut.

Kandungan Gizi Pepaya

Kandungan Gizi Pepaya
Kandungan Gizi Pepaya (Pexels)
 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pepaya tak hanya nikmat tetapi juga memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Manfaat tersebut diperoleh karena pepaya mengandung berbagai gizi baik. Oleh karena itu, berikut rincian ulasan kandungan gizi pepaya selengkapnya.

1. Vitamin A

Kandungan gizi pepaya yang pertama adalah banyaknya vitamin A. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia seperti degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang kerap terjaid pada orang yang telah lanjut usia. Penglihatan orang lanjut usia cenderung lebih buram dan kerap terjadi pada wanita daripada pria. Dampaknya, penderita lebih sulit membaca, menulis, maupun mengemudi.

2. Serat

Kandungan gizi pepaya selanjutnya adalah kaya akan serat. Serat sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan. Jika kesehatan pencernaan terjamin, maka sembelit pun akan terhindarkan. Pasalnya, aktivitas usus akan lebih teratur dan metabolisme tubuh pun semakin baik karena tidak ada kendala dalam sistem pencernaan.

3. Likopen

Kandungan gizi pepaya berikutnya adalah likopen. Likopen mampu berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Likopen juga mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Penyakit jantung merupakan kondisi ketika jantung mengalami gangguan dengan berbagai macam gangguan. Gangguan tersebut dapat muncul di bagian pembuluh darah jantung, otot jantung, maupun katup jantung.

4. Vitamin C

Vitamin C termasuk kandungan gizi pepaya yang sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan merawat kulit sehingga kulit lebih sehat. Vitamin C dapat memudarkan kerutan dan bintik hitam. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen sehingga kulit lebih kencang.

Tak hanya itu, vitamin C juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh menjadi kebal terhadap penyakit seperti pilek dan flu. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, pepaya pun dapta menjadi buah pilihan untuk memenuhinya.

5. Karotenoid

Kandungan gizi pepaya yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan mata adalah karotenoid. Karotenoid adalah senyawa pemberi warna alami pada buah dan sayuran sehingga berwarna kuning cerah, orange, dan merah.

Karotenoid memang termasuk keluarga antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman lain yang mengandung karotenoid adalah wortel, blewah, jeruk, tomat, dan labu.

Kandungan Gizi Pepaya
Kandungan Gizi Pepaya (Pexels)
 

6. Zeaxanthin

Zeaxanthin adalah salah satu kandungan gizi pepaya yang mampu melawan radikal bebas, memberi efek antioksidan, dan mengurangi peradangan. 

7. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga mampu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik hitam serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin E mampu membuat kulit menjadi lebih sehat dan halus.

8. Vitamin K

Kandungan gizi pepaya berikutnya adalah vitamin K. Setiap orang memerlukan asupan vitamin K untuk menjaga kepadatan, kekuatan dan kesehatan tulang. Vitamin K mampu menyerap berbagai kalsium dan mineral, sehingga mampu mencegah tulang keropos. Oleh karena itulah vitamin K sangat penting untuk tubuh.

9. Enzim Papain, Chymopapain, Caricain, dan Glycyl Endopeptidase

Enzim papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase ini merupakan kandungan gizi pepaya berikutnya yang sangat penting untuk tubuh. Enzim papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase mampu membantu melancarkan pencernaan dan membantu mencerna protein dalam tubuh.

Enzim ini memang ada pada buah pepaya yang belum sepenuhnya matang. Namun, kadar enzim papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase tentunya sangat lebih sedikit dibandingkan pada pepaya yang telah matang.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, enzim papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase diperoleh paling tinggi dalam pepaya yang sudah matang. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi pepaya yang sudah matang agar enzim yang diperoleh pun bermanfaat.

Demikian beberapa kandungan gizi pepaya yang dapat diperoleh dan berefek baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Sebagai informasi tambahan, tak hanya buah pepaya saja yang bermanfaat untuk tubuh, melainkan daun pepaya juga mampu bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat daun pepaya untuk tubuh adalah mengobati nyeri haid, menambah nafsu makan, melancarkan Air Susu Ibu (ASI), meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan tulang dan gigi, menghilangkan jerawat, dan membantu rambut lebih subur hingga melawan diabetes. Cara mengkonsumsinya yakni dengan dihaluskan, direbus, dan lain sebagainya

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait